Perkembangan 37 Minggu Kehamilan Janin Aktif Bergerak

Memasuki 37 minggu kehamilan, berarti Bunda berada di fase menjelang persalinan dan tanda-tanda melahirkan akan mulai muncul. Pada minggu ini janin memiliki berat dan ukuran yang hampir sama ketika dilahirkan. Diperkirakan berat janin yaitu 3 kg dan panjang tubuhnya sekitar 50 cm.

Proporsi tubuh janin di usia kehamilan 37 minggu sangat memungkinkan si kecil memiliki kesempatan yang lebih besar untuk terlahir secara sempurna. Dengan demikian resiko kelahiran prematur bisa dihindari.

Disamping itu pada kehamilan 37 minggu janin aktif bergerak meskipun tidak seaktif gerakan ketika minggu sebelumnya. Hal ini karena ukuran janin yang semakin membesar akan membuat ruang geraknya sedikit terbatas.

Janin minggu 37 akan terlihat lebih rupawan jika dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Lanugo atau bulu halus kini sudah hilang, bahkan sepenuhnya dari kulit janin. Kini lanugo diganti dengan rambut. Selain itu, vernix caseosa dan cairan pelindung kulit juga akan hilang bersama dengan lanugo.

Si kecil memang sudah siap untuk dilahirkan karena perkembangan organ-organ sudah berfungsi dengan baik dan sempurna. Dengan kata lain si janin sudah siap untuk meluncur keluar dari rahim. Kini janin mulai secara perlahan untuk menyempurnakan teknik bernafas dan menyiapkan diri untuk segera lahir.

Pada minggu ini harus Anda ketahui bahwa janin sudah memiliki kemampuan dalam menghisap jempol sebagai latihan untuk menyusui. Selain itu, janin juga menggerakan kepalanya, belajar menelanm membuka dan menutup tangan serta mengerjap.

Sebagian bayi terlahir dengan rambut lebat, namun sebagian lagi memiliki rambut yang sangat tipis. Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan karena merupakan kondisi normal dan bisa membaik seiring bertambahnya usia si kecil setelah dilahirkan.

Memasuki akhir minggu ini si kecil cenderung tidak akan banyak bergerak dan mulai memantapkan posisinya untuk proses persalinan. Persiapkan diri Anda secara fisik dan mental untuk menyambut kelahiran si kecil yang tinggal menunggu beberapa waktu lagi.

Mengingat usia kehamilan 37 minggu sudah berada diambang pintu persalinan maka Anda perlu untuk melenturkan leher rahim sebagai upaya dalam memudahkan janin saat lahir nanti. Lalu bagaimana cara untuk melenturkan leher rahim menjelang persalinan?

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melenturkan otot rahim menjelang melahirkan. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi obat atau ramuan herbal. Namun sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ada beberapa ramuan herbal yang terbukti sangat berkhasiat untuk terapi melenturkan leher rahim. Dalam hal ini yang terpenting adalah harus bisa memastikan bahwa obat jherbal tersebut aman untuk digunakan dan mengandung prostaglandin untuk melenturkan serviks atau leher rahim.

Obat herbal untuk melenturkan leher rahim sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur dan mulai lakukan ketika memasuki kehamilan 37 minggu. Fungsi utamanya tiak lain aalah untuk membantu rahim supaya terbuka sehingga nantinya sewaktu melahirkan tidak akan begitu sakit.

Bahkan hal ini berguna untuk menghilangkan perasaan tegang dan gelisah yang mungkin Anda rasakan pada waktu melahirkan. Sekali lagi bagi Anda yang ingin menggunakan obat herbal untuk melenturkan rahim sebaiknya berkonsultasi terlabih dahulu dengan dokter spesialis supaya tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan janin.

Nah, demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait perkembangan janin minggu ke-37 menjelang proses persalinan. Selamat menyambut persalinan ya Bunda. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517