Periode Awal Kehamilan

Trimester Pertama Kehamilan

Awal kehamilan merupakan saat yang sangat membahagiakan sekaligus bisa jadi saat yang sangat mengkhawatirkan bagi kebanyakan ibu hamil karena pada awal kehamilan kondisi janin masih sangat sensitif. Pada minggu-minggu awal ini kehamilan memang sangat rawan dan kalau tidak hati-hati akibatnya bisa terjadi keguguran.

Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, ibu hamil perlu mengetahui bagaimana perkembangan janin pada awal kehamilan atau pada trimester pertama serta mengetahui bagaimana caranya untuk menyikapi perubahan hormon yang muncul secara tiba-tiba.

Trimester pertama kehamilan

Tahapan kehamilan atau masa kehamilan ini dibagi menjadi tiga trimester, yaitu periode per tiga bulan pada masa kehamilan. Trimester pertama itu adalah 12 minggu kehamilan atau 12 minggu sejak hari pertama terakhir menstruasi.

Penting Bagi Ibu Hamil untuk Mengetahui Perkembangan Janin Trimester Pertama

Ovulasi

Dua minggu setelah hari pertama menstruasi akan terjadi pelepasan sel telur matang yang siap untuk dibuahi. Sel telur yang sudah matang akan melakukan pembelahan dan berjalan dari tuba falopi menuju ke uterus. Sel telur itu memiliki kromosom yang akan menentukan tinggi badan, warna rambut serta jenis kelamin setelah terjadinya konsepsi.

Implantasi

Implantasi ini terjadi sekitar 5 sampai 7 hari setelah konsepsi. Setelah sel telur ini menenmpel pada rahim, maka sel telur akan berkembang menjadi embrio dan kemudian menjadi janin.

Minggu keempat

Ketika memasuki minggu keempat masa kehamilan anda, embrio yang ada di dalam rahim anda sudah memiliki jaringan tulang belakang yang jumlanya 13 lapisan.

Minggu keenam

Minggu keenam merupakan waktu dimana anda sudah bisa mendengar detak jantung janin anda dengan menggunakan alat yang di sebut Doppler serta bisa melihat janin anda dengan pemeriksaan USG. Pada minggu ini ada organ lain yang mulai terbentuk yaitu tungkai serta tangan yang mulai terbentuk.

Bulan kedua

Pada bulan kedua ini saraf-saraf penting pada janin sudah mulai terbentuk dengan sangat baik. Pertumbuhan janin memasuki bulan kedua ini sudah membentuk bayi mungil yang mempunyai ukuran kurang lebih 2,5 cm, sehingga anda bisa melihatnya melalui pemeriksaan USG.

Bulan ketiga

Pada usia kehamilan tiga bulan janin sudah menunjukan pergerakannya meskipun masih sangat halus dan pelan. Pergerakan yang di tunjukan yaitu bayi menggerakan tangan serta kakinya dan membuka serta menutup mulutnya. Pada perkembangan janin di bulan ketiga ini akan terjadi perubahan pada fisik anda sebagai ibu hamil, beberapa perubahan fisik seperti payudara membesar, berat badan anda yang naik serta perut yang mulai membesar. Kemudian dari segi emosional ibu hamil akan menjadi lebih sensitif.

Jangan Cemas, Hadapi Trimester Pertama dengan Cerdas

Kebanyakan ibu hamil merasa cemas ketika menghadapi masa awal kehamilan atau pada periode trimester pertama, biasanya ibu hamil merasa cemas dan depresi karena adanya perubahan yang terjadi dalam tubuh mereka. Hal ini bisa saja membahayakan bagi ibu hamil ataupun bagi janin yang ada di dalam kandungan. Maka dari itu penting sekali untuk menyiasati dan menghadapi trimester pertama dengan sangat cerdas supaya tidak membahayakan janin.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghadapi trimester pertama kehamilan anda, diantaranya yaitu:

  • Perbanyak informasi tentang kehamilan, bagi seorang wanita yang baru pertama kali hamil harus banyak memiliki informasi tentang kehamilan agar tidak salah dalam bertindak dan tidak membahayakan janin.
  • Lakukan pemeriksan yang rutin, untuk mengetahui kesehatan dan perkembangan janin, alangkah baiknya kalau anda rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau bidan.
  • Hindari aktivitas yang berat, ketika anda memasuki kehamilan awal sebaiknya anda tidak melakukan aktivitas yang berat yang bisa berbahaya bagi janin. Lakukanlah aktivitas yang sekiranya tidak akan membahayakan kesehatan janin anda.
  • Sharing dengan orang yang sudah berpengalaman, berbagi ataupun bertanya seputar kehamilan dengan orang yang sudah berpengalaman bisa membuat anda tenang dan tidak akana stres.
  • Menjaga kesehatan jasmani, anda bisa melakukan senam ringan untuk ibu hamil yang biasanya diadakan oleh rumah sakit bersalin. Kegiatan ini bisa menjaga kebugaran dan kesehatan anda.
  • Makan makanan yang bergizi, asupan nutrisi selama hamil harus anda perhatikan supaya janin yang ada dalam kandungan akan tetap sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517