Perhatikan Tumbuh Kembang Janin di Kehamilan 27 Minggu

Kehamilan 27 minggu merupakan awal menginjak kehamilan tahap akhir atau trimester ketiga. Memasuki kehamilan tahap akhir ini tentunya Anda akan semakin merasa penasaran dan tidak sabar menantikan kelahiran si buah hati.

Menginjak usia kehamilan 27 minggu maka kemungkinan resiko keguguran sangat kecil jika dibandingkan dengan usia kehamilan yang lebih muda. Janin didalam kandungan pada minggu ini secara perlahan sudah semakin kuat.

Di usia 27 minggu kehamilan, berat janin sudah mengalami peningkatan yaitu sekitar 875 gram dan panjangnya yaitu 36,5 cm. Bahkan ukuran kepala bayi sudah terbilang cukup proporsional dengan diameter 7 cm.

Tumbuh kembang janin pada tahap ini lebih terpusat pada penyempurnaan kemampuan dalam sistem penginderaan. Kini kelopak mata janin sudah mulai terbuka diakhir minggu ke-26. Kemudian akan lebih sering membuka dan menutup memasuki pertengahan minggu ke-27 dan selanjutnya.

Kini saraf optic janin sudah bisa berfungsi dan posisi janin akan menghadap membelakangi rahim saat ada cahaya terang dari luar kandungan. Disamping itu, kemampuan janin untuk mendengar juga sudah semakin berkembang dengan baik. Bahkan janin secara perlahan mulai mengenali suara Anda ketika sedang ngobrol.

Wajah si kecil kini nampak semakin terlihat sempurna. Bulu mata, alis dan rambut mulai tumbuh pada bagian wajah dan kepala janin. Penampilan kulit kini tidak sekurus sebelumnya dan bahkan kontur badan si kecil semakin dipertegas dengan pertumbuhan jaringan otot.

Kemampuan berpikir janin sudah mulai bertambah dan meningkat. Otak janin tumbuh dengan pesat pada minggu ke-27. Kemampuan mengenali suara-suara dari luar kini semakin berkembang termasuk mengenali suara Anda sebagai orangtuanya.

Dengan perkembangan yang pesat maka kemungkinan janin untuk selamat hingga mencapai waktu persalinan sangat besar. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah dengan senantiasa menjaga kesehatan dan memberikan asupan makanan bergizi guna mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Pada minggu ke-27, keluhan yang mungkin akan dialami oleh ibu hamil yaitu berupa Restless Legs Syndrome. Keluhan ini memang umum terjadi pada ibu hamil pada tahapan ini. Sindrom ini menyerang bagian kaki sehingga merasa tidak nyaman.

Kaki akan terasa gelisah sehingga membuat ibu hamil senantiasa merasa tidak enak dan kesemutan. Meskipun masuk dalam kategori wajar namun keluhan ini sebaiknya diatasi karena sebagai indikasi adanya kekurangan zatĀ  besi.

Bahkan pada beberapa kasus, sindrom ini dikaitkan dengan alergi terhadap makanan tertentu. Kondisi ini memang akan mengganggu waktu tidur Anda, namun sebaiknya jangan terlalu dikhawatirkan dan dibuat stres. Dalam hal ini yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan relaksasi.

Minggu 27 sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan kberserat untuk mencegah timbulnya keluhan seputar sistem pencernaan seperti sembelit. Biasanya sembelit rentan terjadi pada wanita dikehamilan tahap akhir akibat saluran pencernaan yang semakin tertekan oleh janin yang kian hari mengalami perkembangan.

Serat bisa diperoleh dari makanan seperti biji-bijian, sayuran, buah-bauhan ataupun sereal. Nah, serat dikategorikan kedalam dua golongan yaitu serat larut dan tidak larut. Semuanya bisa diperoleh dari sumber makanan sehat.

Jenis makanan yang mengandung serat larut yaitu gandum, bawang merah, barley, pisang, buah berry, kacang hijau, kacang polong, ubi rambat, kentang dan juga semua produk olahan dari gandum. Sedangkan untuk serat tak larut terdapat dalam tomat, kacang panjang, tepung padi, beras merah, sereal, kembang kol dan jagung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517