Perhatikan Proses Perawatan Pasca Melahirkan Ini!

Perawatan pasca melahirkan. Selama masa kehamilan, pastinya Anda akan mengalami berbagai macam bentuk perubahan, baik berupa fisik atau bahkan mental. Misalkan seperti berat badan yang bertambah, keadaan jari tangan serta kaki yang membengkak, bahkan emosipun akan ikut menaik.

Ketika hamil, umumnya Anda akan sering mengalami pegal juga sesak nafas. Namun kondisi ini hanya akan terjadi selama masa hamil saja, dan akan segera menghilang setelah Anda melahirkan.

Akan tetapi, ketika Anda ingin kembali mendapatkan kondisi tubuh yang baik, serta bentuk tubuh yang kembali seperti sedia kala, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam proses perawatan tubuh pasca melahirkan.

Perawatan ibu pasca melahirkan sangat dianjurkan bagi Anda yang baru saja menjalankan proses persalinan, karena hal ini bisa dengan cepat mengembalikan bentuk tubuh Anda kembali seperti sedia kala sebelum Anda hamil.

Berikut ini beberapa cara yang harus Anda perhatikan dalam proses perawatan pasca persalinan, yaitu sebagai berikut:

  1. Masa nifas

Pastinya Anda sudah paham, bahwa masa nifas merupakan salah satu ritual yang harus Anda lakukan setelah melahirkan. Pada masa ini, Anda serta suami harus benar-benar puasa bercinta kurang lebih selama 6 bulan. Hal ini bertujuan guna menghindari terjadinya infeksi atau bahkan pendarahan pada organ intim perempuan.

Mengapa? Karena setelah melahirkan, bagian organ intim wanita juga masih membutuhkan waktu untuk beristirahat guna mengembalikan fleksibilitasnya. Dan ketika terjadinya penetrasi, maka di khawatirkan akan mengalami infeksi yang lebih serius.

  1. Diet

Diet bukan hanya dianjurkan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, namun diet ini juga dianjurkan bagi Anda yang baru saja melahirkan. Diet untuk menurunkan berat badan dengan diet untuk Anda yang baru saja melahirkan pastinya berbeda, dan bedanya terdapat pada kebutuhan asupan serta beberapa jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Setelah Anda melahirkan, maka biasanya Anda akan dianjurkan untuk menyantap beberapa jenis makanan yang tinggi akan protein, zat besi, kalsium, dan serat. Bahkan asupan kalori yang dianjurkan berkisar antara 2700 kalori setiap harinya. Selain asupan makanan, Anda juga dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi cairan.

  1. Perawatan kerampang

Kerampang atau bahkan bisa disebut dengan perineum adalah selaput pembatas antara vagina dengan anus. Ketika Anda melahirkan, maka keadaan selaput ini akan melebar guna memudahkan jalan lahir si janin. Maka dari itu, selama hamil, maka ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pijat kerampang.

Bukan hanya dirawat selama hamil, bagian ini juga harus mendapatkan perawatan setelah melahirkan, dengan tujuan untuk mengecilkan bagian pembuluh darah di selaput ini. Untuk merawatnya, Anda bisa melakukan beberapa cara, yaitu bisa menerapkan cara kompres air dingin, menggunakan pembalut serta celana dalam yang cukup ketat, serta latihan kegel.

  1. Hormon dan emosi

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil juga ibu yang melahirkan kerap kali berubah-ubah. Dan hal ini dikarenakan post partum blues, kurangnya porsi tidur, karena kelelahan ketika mengurus bayi, serta lain hal sebagainya.

Oleh karena itu, setelah Anda melahirkan, maka Anda juga membutuhkan waktu untuk merawat diri Anda sendiri. Anda bisa melakukan berbagai hal yang memang bisa membuat Anda merasa senang, misalkan seperti melakukan spa, ke salon, belanja, bahkan hang out dengan teman-teman Anda.

Related Posts

Share This