Perhatikan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Bayi

Tidur yang berkualitas akan memberikan dampak positif untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Hal ini karena proses tumbuh kembang banyak terjadi ketika tidur. Pentingnya membuat suasana nyaman ketika bayi tidur menjadi tugas Anda. Selain tempat yang bersih dan nyaman, Anda juga harus memperhatikan posisi tidur yg baik untuk bayi.

Dalam hal ini posisi tidur akan mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan si kecil. Bayi yang mendapatkan waktu istirahat berkualitas akan tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas dan juga memiliki sistem imun yang kuat. Hal ini karena pada waktu tidur hormone pertumbuhan berfungsi dan mempengaruhi semua kinerja dan pembentukan sel-sel didalam tubuh.

Mungkin seringkali banyak orangtua yang merasa kebingungan untuk menentukan posisi tidur yang baik untuk bayi. Perlu Anda ketahui ,bahwa posisi tidur untuk bayi harus disesuaikan sengan tahapan usianya. Simak penjelasan dan ulasan berikut ini.

Beberapa Posisi Tidur Yang Baik Untuk Bayi

  1. Posisi Terlentang

Posisi tidur terlentang emnjadi salah satu pilihan yang baik untuk bayi usia 0 – 3 bulan. Hal ini juga mendasari bahwa bayi yang baru lahir hingga berusia 3 tahun belum banyak bergerak sehingga posisi terlentang sangat bagus. Meskipun posisi ini bagus, namun kelemahannya yaitu menyebabkan bayi sering terbangun. Kelebihannya yaitu mencegah resiko kematian mendadakn pada bayi (SIDS).

  1. Posisi tengkurap

Posisi yang selanjutnya yaitu tengkurap. Nah, posisi yang satu ini bisa diterapkan pada bayi yang berusia 3 bulan keatas. Manfaat tidur dengan posisi tengkurap untuk bayi yaitu bisa tidur lebih lama dan bahkan bayi yang tidur dengan posisi ini akan memiliki bentuk kepala yang sangat bagus.

Akan tetapi posisi ini rentan menyebabkan kematian mendadak pada bayi (SIDS) karena jantung bayi masih lemah sehingga dikhawatirkan menghirup karbondioksida dari hembusan nafasnya sendiri.

  1. Posisi Miring

Untuk posisi tidur selanjutnya yaitu posisi miring. Adapun manfaat untuk tidur miring yaitu untuk mempermudah proses pengosongan lambung. Bahkan posisi miring sangat dianjurkan untuk bayi yang lahir secara prematur untuk membantunya bernafas.

Dalam menerapkan posisi miring sebaiknya Anda mengawasinya sehingga lakukan penggantian posisi. Jangan hanya satu posisi, namun lakukan secara bergantian pada sisi kiri dan kanan. Hal ini supaya terhindar dari resiko bentuk kepala bayi yang tidak proporsional.

Demikian beberapa posisi tidur yang baik untuk bayi. Posisi tengkurap tidak hanya bisa diaplikasikan ketika bayi tidur saja, namun bisa juga Anda lakukan ketika mengajak si ekcil bermain. Pengaturan posisi yang tepat akan berguna untuk kesehatan si kecil dan menekan resiko kematian mendadak atau SIDS. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This