Perhatikan Penyebab Bintik Merah Pada Wajah Bayi

Biasanya para ibu akan merasa khawatir ketika mendapatkan bintik merah pada wajah bayi. Sangat berbeda dengan kondisi kulit orang dewasa yang tebal, keadaan atau bahkan kondisi kulit bayi yang memang asih relative tipis juga sensitive ini akan jauh lebih rentan terhadap alergi, iritasi juga infeksi. Dan hal ini dikarenakan kelenjar minyak yang terdapat pada kulit bayi masih belum berkembang secara baik.

Penyebab umum yang menimbulkan bintik bintik di wajah si kecil sangatlah kompleks serta bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalkan faktor yang terdapat dari dalam tubuh seperti faktor keturunan, atau bahkan faktor yang dipengaruhi oleh luar tubuh sepertu lingkungan yang lembab, cuaca yang panas dan masih banyak lagi.

Nah, agar Anda bisa lebih memahami penyebab bintik merah pada wajah bayi. Berikut ini kami berikan beberapa info yang memang kertap kali menjadi penyebab bintik bintik merah pada kulit ataupun wajah, yaitu sebagai berikut:

  1. Bakat alergi (faktor keturunan)

Kasus terjadinya alergi cukup banyak terjadi terhapa bayi yang memang sangat rentan terhadap reaksi alergi. Jika Anda juga suami memiliki eiwayat alergi, maka si kecil juga berisiko menderita alergi antara 40-60%. Alergi ini bisa muncul dari beberapa hal, seperti faktor makanan, faktor cuaca, faktor sus dan masih banyak lahi.

  1. Faktor makanan

Jika muncul bintik bintik merah pada wajah bayi atau beberapa bagian tubuh lainnya, bisa juga disebabkan oleh makanan yang ia konsumsi. Jika pada bayi, jenis makanan yang kerap menimbulkan alergi yaitu kandungan protein yang ada di dalam susu sapi. Hal ini akan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh si ekcil tengah menyadari bahwa adanya kandungan protein yang terdapat di dalam susu formula sebagai salah satu zat yang bisa membahayakan kondisi kesehatan si ekcil serta mencoba untuk melawannya.

  1. Biang keringat

Salah satu penyebab munculnya bintik merah pada wajah bayi yaitu biang keringat. Bintik-bintik merah yang ditimbulkan oleh biang keringan bisa terjadi karena adanya sumbatan terhadap pori-pori kulit bayi yang memang di sebabkan oleh sistem kekebalan tubuh dalam mengatur suhu tubuh yang belum sempurna. Dan hal ini mengakibatkan adanya pengeluaran keringat yang memang tidak lancer terhadap si kecil.

  1. Jerawat bayi

Jerawat bayi bisa terjadi karena adanya sisa hormon yang memang masih terbawa oleh si kecil sejak ia masih berada di dalam kandungan.

  1. Debu rumah

Debu yang berasal dari karpet atau bahkan beberapa boneka yang berbulu juga bisa menjadi pemicu terjadinya alergi terhadap si kecil, baik bayi ataupun anak-anak.

  1. Kutu busuk di tempat tidur

Kutu busuk yang memang kerap kali menyelip di bagian sela-sela sprey atau bahkan tempat tidur kerap kali mengigit si kecil. Dan umumnya gigitan dari kutu busuk hampir sama dengan bekas gigitan nyamuk.

Nah, itulah beberapa penyebab munculnya bintik merah pada wajah bayi yang memang harus bunda ketahui dan pahami. Jika kondisi si kecil mulai parah, maka konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Agar si kecil segera mendapatkan penanganan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517