Perhatikan Konsumsi Makanan Di Usia Kehamilan 13 Minggu

Menginjak kehamilan 13 minggu atau trimester kedua, banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya yaitu konsumsi makanan. Dalam hal ini Anda harus lebih selektif untuk memilih jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Yang terpenting adalah jenis makanan yang dikonsumsi hendaknya mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral untuk mendukung perkembangan janin secara optimal.

Pada usia kehamilan 13 minggu, Anda sebagai ibu hamil hendaknya mengetahui jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari. Secara umum, makanan yang dilarang untuk ibu hamil meliputi makanan yang mengandung zat berbahaya seperti pewarna, pengawet, pemanis, alkohol, kafein dan zat berbahaya lainnya.

Disamping itu, ibu hamil juga hendaknya menghindari jenis makanan yang diolah setengah matang atau bahkan mentah. Makanan mentah atau setengah matang dikhawatirkan mengandung bakteri dan kuman berbahaya yang bisa mengakibatkan infeksi pada janin.

Semua menu makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus senantiasa higienis dan benar-benar diolah hingga matang. Makanan mentah rentan mengandung bakteri listeria atau bakteri berbahaya lainnya yang menjadi pemicu penyakit dan gangguan pertumbuhan pada janin.

Lalu apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada usia kehamilan 13 minggu? Berikut ini penjelasannya.

Makanan Menatah atau Setengah Matang

Makanan mentah dan setengah matang sangat dilarang bagi ibu hamil. Hal ini karena bisa memicu potensi penyakit berbahaya pada ibu hamil dan lebih bahaya lagi pada janin karena belum memiliki sistem imun tubuh yang cukup kuat.

Makanan bergizi seperti telur, daging ataupun seafood hendaknya diolah dengan cara yang benar hingga matang. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tersebut tanpa pengolahan yang benar. Resikonya bisa sangat fatal terhadap janin karena secara tidak langsung setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan terserap oleh janin melalui plasenta.

Bagi Anda yang memiliki hobi membuat kue, sebaiknya jangan pernah coba-coba mencicipi adonan saat sedang hamil. Hal ini karena adonan kue menggunakan telur mentah sehingga dikhawatirkan mengandung bakteri.

Resiko akibat infeksi bakteri dari makanan mentah berupa keguguran, janin cacat ataupun janin meninggak didalam kandungan. Maka dari itu, pastikan setiap jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus benar-benar matang dan higienis.

Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu bisa membahayakan kesehatan ibu hamil apabila tidak melalui proses pasteurisasi. Susu mengandung banyak kuman dan bakteri yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Jenis bakteri yang kemungkinan terdapat dalam susu tanpa pasteurisasi yaitu E. Coli, Salmonella dan Listeria.

Jika ibu hamil tidak teliti maka bisa menyebabkan gangguan perkembangan janin, kelahiran secara prematur, cacat lahir dan yang paling parah menyebabkan janin meninggal didalam rahim. Oleh karena itu, untuk memilih susu sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu jika produk tersebut sudah dipasteurisasi.

Alkohol dan Rokok

Tidak hanya bagi ibu hamil saja, alkohol dan rokok memang tidak baik untuk kesehatan karena mengandung zat kimia yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Pada waktu hamil sebaiknya Anda menghindarin lingkungan perokok karena asap rokok sangat berbahaya untuk janin.

Wanita yang sering terpapar asap rokok sangat beresiko melahirkan bayi cacat atau kelahiran secara prematur. Zat kimia dalam rokok akan meracuni janin melalui pernafasan yang masuk ke sirkulasi darah. Sebisa mungkin selama hamil harus terbebas dari asap rokok supaya janin didalam kandungan tidak terganggu.

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada usia 13 minggu kehamilan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This