Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Kehamilan 18 Minggu

Kehamilan 18 minggu perkembangan telinga bayi semakin mendekati sempurna. Pada tahapan ini telinga bayi sudah mulai terbentuk sempurna dengan melekat ditempat yang seharusnya dan bahkan mungkin bayi sudah memiliki kemampuan untuk mendengar.

Jika sebelumnya bayi hanya bisa mendengar sliran darah dan detak jantung ibunya, maka kini secara perlahan kemampuannya akan meningkat sehingga bisa mendengar suara berisik dari luar kandungan. Perlahan-lahan bayi akan mengenali suara Anda saat berinteraksi dengan orang lain.

Indera penglihatan bayi juga mulai berkembang dengan baik dan retina lebih peka terhadap rangsangan cahaya dari luar. Pada minggu ini berat badan bayi sekitar 7 ons dan panjang skitar 5,5 inci. Tulang lunak bayi mulai berkembang dan mengeras menjadi tulang permanen.

Bagian kulit si bayi masih sangat transparan sehingga jika terlihat maka pembuluh darahnya akan kelihatan dengan jelas. Adapun lapisan myelin kini mulai mengelilingi bagian saraf dan hal ini akan berlangsung hingga usia 1 tahun.

Apabila jenis kelamin perempuan maka pada minggu ini terjadi pertumbuhan tuba falopi dan uterus. Namun jika lelaki maka mulai terjadi pembentukan testikel. Sungguh perkembangan yang sangat luar biasa pada minggu ini.

Nah, dalam membantu mengoptimalkan perkembangan bayi pada minggu ini maka sebaiknya perhatikan asupan nutrisi dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, pola makan Anda harus teratur dan jangan berlebihan.

Tambahan Nutrisi Yang Sebaiknya Dicukupi Pada Minggu Ke-18

Vitamin A

Salah satu jenis nutrisi yang harus Anda penuhi pada usia kehamilan 18 minggu yaitu vitamin A. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam membantu pembentukan kulit dan sel darah merah.

Kalsium dan Omega-3

Pada otahapan ini kalsium sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan tulang dan cikal bakal gigi. Asupan kalsium sangat penting dan jangan terabaikan. Pada dasarnya kalsium bisa diperoleh dengan mudah dari susu dan produk olahannya. Namun dalam hal ini pastikan bahwa jenis susu yang Anda pilih sudah melalui tahap pasteurisasi.

Selain kalsium, omega-3 menjadi nutrisi selanjutnya yang harus dipenuhi pada kehamilan 18 minggu untuk mengoptimalkan pembetukan otak dan kecerdasan. Makanan yang menyediakan omega-3 diantaranya yaitu susu, sayuran hijau, telur, kedelai, salmon, tahu dan lain sebagainya.

Protein

Protein merupakan salah satu sumber kalori bagi ibu hamil yang harus dipenuhi selama menjalani masa kehamilan. Protein dan zat besi menjadi bagian nutrisi penting dalam usia kehamilan 18 minggu untuk mendukung perkembangan janin.

Kebutuhan protein harian ibu hamil per harinya yaitu sebanyak 60 gram. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi melalui asupan makanan seperti daging unggas, daging sapi, telur, susu dan ikan. Selain itu, protein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti tempe atau tahu.

Protein memliliki peran penting untuk membantu pembangunan sel-sel baru pada janin dan pembentukan sel darah merah. Selain itu, protein memiliki peranan penting dalam pembentukan hormone bagi ibu hamil.

Zat Besi

Pada kehamilan 18 minggu, ibu hamil rentan mengalami gejala anemia sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan makanan zat besi. Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah sehingga mencegah anemia.

Zat besi bisa diperoleh dari jenis makanan seperti daging sapi dan bayam. Kebutuhan zat besi memang tidak boleh disepelekan karena berperan penting untuk aliran nutrisi dan oksigen bagi perkemgbangan janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517