Perhatikan Gaya Hidup Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Gaya hidup sehari-hari memang menjadi salah satu faktor yang berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup memberikan pengaruh yang signifikan untuk kesehatan. Pilihan gaya hidup pada usia muda secara tidak langsung akan berdampak ketika usia senja. Maka dari itu terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan mata.

Mata merupakan salah satu indera yang sangat penting. Mata berfungsi untuk melihat objek disekeliling kita. Kesehatan mata bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya yaitu faktor yang berkaitan dengan gaya hidup. Jika gaya hidup yang kita jalani tergolong sehat maka hal ini akan berdampak positif bagi mata dan begitupun sebaliknya.

Berikut Gaya Hidup Yang Mempengaruhi Kesehatan Mata

  1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu dampak dari gaya hidup tidak sehat. Biasanya hal ini cenderung dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi dan makanan yang mengandung bahan kimia. Banyak resiko yang ditimbulkan akibat kelebihan berat badan, salah satunya yaitu diabetes, serangan jantung dan bahkan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan mata.

  1. Merokok

Banyak penyakit yang bisa timbul akibat kebiasaan merokok, salah satunya yaitu serangan jantung dan juga kanker. Bahkan dalam sebuah riset menghubungkan bahwa kebiasaan merokok berkaitan erat dengan kesehatan mata. Orang yang memiliki kebiasaan merokok sangat rentan mengalami gangguan mata seperti katarak atau degenerasi makula. Hal ini akan berdampak terhadap indera penglihatan yang semakin memudar seiring bertambahnya usia. Maka dari itu bagi Anda yang memiliki kebiasaan tersebut sebaiknya mulai saat ini untuk meninggalkannya.

  1. Sinar Matahari

Paparan sinar matahari pagi memang sangat bagus untuk tubuh, namun jika terlalu berlebihan maka beresiko terhadap kesehatan mata dan bisa menyebabkan katarak. Bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari langsung pada siang hari maka sebaiknya menggunakan kacamata supaya sinar matahari tidak langsung mengenai mata.

  1. Makanan Tidak Sehat

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat memang memicu berbagai masalah pada tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tinggi bisa menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh terutama pada bagian mata. Maka dari itu mulailah untuk memilih menu makanan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata Anda.

Dalam menjaga kesehatan mata, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung karotenoid dan vitamin A. Pilihan nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dari jenis sayuran dan buah-buahan. Selain itu, konsumsi juga makanan yang tinggi akan kandungan antioksidan untuk mencegah radikal bebas penyebab kerusakan mata.

Mata merupakan indera penglihatan yang penting untuk dijaga. Jauhi kebiasaan buruk dan perbanyak konsumsi makanan bergizi untuk menunjang kesehatan mata.

Related Posts

Share This