Perhatikan Aspek Keamanan dan Kenyamanan Dalam Memilih Pakaian Untuk Si Kecil

Untuk melengkapi penampilan si kecil biasanya setiap orangtua memilih pakaian dengan bentuk yang lucu sehingga terlihat menggemaskan. Selain bertujuan untuk melindungi badan dan kulit bayi, pakaian juga difungsikan untuk membuat bayi supaya lebih menggemaskan dan cantik/ganteng. Memilih baju untuk mempercantik penampilan si kecil boleh-boleh saja, namun dalam hal ini Anda juga harus memperhatikan beberapa aspek yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan si kecil.

Pada dasarnya kriteria pakaian untuk si kecil harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan pada waktu digunakan dibandingkan dengan aspek gaya. Dalam hal ini pakaian bayi yang lucu dan menggemaskan belum tentu aman dan nyaman pada waktu digunakan. Sekecil apapun kesalahan ketika memilih pakaian untuk bayi bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya. Hal ini karena kulit bayi masih sangat sensitif sehingga rentan terhadap iritasi.

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan ketika memilih pakaian untuk si kecil:

  1. Pilihlah bahan yang aman dan nyaman

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pakaian si kecil yaitu bahan. Pilihlah bahan yang benar-benar aman dan nyaman. Salah satunya yaitu pakaian yang menggunakan bahan katun. Perlu Anda ketahui bahwa bahan katun adalah salah satu bahan terbaik untuk pakaian bayi karena tekstur bahannya lembut dan bisa menyerap keringat. Bahan pakaian yang satu ini akan menghindarkan bayi dari kepanasan dan iritasi kulit akibat keringat. Hindari bahan pakaian yang terlalu tebal dan memicu bayi kegerahan. Selain itu, Anda juga harus bisa menyesuaikan pakaian si kecil dengan kondisi cuaca. Hal ini untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

  1. Pakaian yang berkualitas

Disarankan untuk memilih baju untuk si kecil dengan kualitas yang bagus. Jangan sembarangan membeli baju hanya karena tergiur harga murah. Baju-baju yang murah belum tentu memiliki kualitas bagus yang menunjang kenyamanan si kecil. Pilihlah baju yang tidak mudah luntur saat di cuci karena baju yang mudah luntur berbahaya bagi kesehatan si kecil. Pewarna dari baju tersebut bisa saja menempel pada kulit si kecil dan terserap melalui pori-pori.

  1. Perhatikan keamanan dan kenyamanan si kecil

Aspek yang paling penting yaitu pakaian yang dipilih menunjang keamanan dan kenyamanan si kecil. Jangan memilih pakaian yang menurut Anda lucu tapi tidak membuat si kecil nyaman. Hindari memilih pakaian dengan desain yang ribet dan memiliki banyak asesoris. Tempelan kancing dan asesoris berbahaya bagi si kecil karena sewaktu-waktu bisa saja lepas dan ditelan oleh si kecil. Pilihlah model baju yang sederhana dan praktis yang memberin kenyamanan bagi si kecil.

  1. Sesuaikan ukuran

Menyesuaikan ukuran pakaian dengan usia bayi adalah hal tidak kalah penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih pakaian untuk si kecil. Pakaian yang terlalu longgar atau ketat akan membuat si kecil tidak nyaman. Pakaian yang terlalu ketat beresiko menyebabkan iritasi pada kulit si kecil akibat mudah berkeringat.

  1. Perhatikan saat digunakan

Pakaian yang menurut Anda aman dan nyaman belum tentu dirasa nyaman oleh bayi. Oleh karena itu perhatikan si kecil pada waktu memakai pakaian tersebut apakah terlihat nyaman atau justru malah terlihat kepanasan. Selain itu perhatikan juga apakah pakaian tersebut aman untuk kulitnya dan tidak menimbulkan iritasi.

Demikian beberapa aspek yang harus Anda perhatikan ketika memilih pakaian untuk si kecil. Disamping itu, dalam merawat pakaian si kecil sebaiknya Anda mengetahui cara yang benar untuk mencuci pakaian tersebut. Jangan mencuci pakaian bayi menggunakan detergen atau merendamnya menggunakan pewangi. Hal ini karena zat kimia yang terkandung pada deterjen bisa membahayakan kulit dan kesehatan si kecil. Sebaiknya Anda menggunakan deterjen bubuk karena mudah larut dalam air sehingga tidak akan tertinggal di serat kain.

Related Posts

Share This