Perhatikan Anjuran dan Pantangan Bagi Ibu Hamil 2 Bulan Berikut Ini

Usia hamil 2 bulan terbilang masih sangat muda dan rentan terhadap keguguran. Menjaga kehamilan tahap awal menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap ibu hamil. Salah satu hal yang harus mendapat perhatian yaitu dari segi konsumsi makanan.

Dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi saat hamil sebaiknya lebih selektif dan pastikan benar-benar aman untuk kesehatan dan juga janin didalam kandungan. Selama menjalani kehamilan ada hal-hal yang dianjurkan dan juga dilarang untuk tidak dilakukan karena berpotensi membahayakan janin.

Pada usia kehamilan 2 bulan berlangsung proses pembentukan organ-organ tubuh janin. Asupan nutrisi dan makanan yang berkualitas menjadi salah satu hal yang terbilang sangat penting untuk diperhatikan. Lalu apa saja anjuran dan pantangan untuk kehamilan 2 bulan? Berikut ini beberapa anjuran dan pantangan yang sebaiknya Anda perhatikan.

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil 2 Bulan
  1. Keju Lunak

Ibu hamil 2 bulan sebaiknya menghindari keju lunak. Mengapa demikian? Hal ini karena keju lunak terbuat dari susu mentah sehingga dikhawatirkan mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli. Pilihlah keju yang aman dengan proses pengolahan susu pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri dan kuman jahat lainnya.

  1. Daging Olahan

Makanan yang mengandung daging olahan sebaiknya jangan dikonsumsi selama hamil. Hal ini karena daging olahan berpotensi mengandung bakteri Listeria yang bisa menyebabkan bahaya pada kesehatan Anda dan janin didalam kandungan. Pastikan kebersihan dari setiap makanan yang akan Anda konsumsi selama hamil. Pilihlah daging yang benar-benara aman dan diolah sendiri.

  1. Susu Tanpa Pasteurisasi

Susu yang tidak melalui proses pengolahan pasteurisasi tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena berbahaya terhadap infeksi bakteri. Banyak mikroorganisme yang terkandung pada susu jika tidak diolah terlebih dahulu dengan sistem pasteurisasi.

Pilihlah jenis susu yang benar-benar aman sehingga akan memberikan efek positif untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi seperti kalsium selama hamil.

  1. Hati

Ibu hamil 2 bulan sebaiknya berhati-hati jika ingin mengkonsumsi hati ayam maupun hati sapi. Perlu Anda ketahui bahwa makanan tersebut mengandung vitamin A dalam bentuk retinol sehingga jika asupan tidak terkontrol beresiko terhadap keguguran.

  1. Telur Mentah dan Daging Beku

Jangan sesekali mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang. Telur mentah rentan mengandung bakteri berbahaya seperti Listeria  sehingga berbahaya bagi janin. Selain itu hindari daging beku atau daging yang dibekukan karena berpotensi mengandung bakteri.

Anjuran Bagi Ibu Hamil 2 Bulan Yang Sebaiknya Diperhatikan
  • Zat Besi

Memasuki usia kehamilan 2 bulan sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Zat besi bisa diperoleh dari sumber makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan dan juga daging merah.

  • Asam Folat

Nutrisi yang satu ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil mengingat perannya sangat penting untuk perkembangan janin dan mencegah janin cacat lahir. Asam folat memegang peranan penting dalam membantu perkembangan syaraf pada janin.

  • Vitamin

Jenis vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E diperlukan pada waktu hamil 2 bulan untuk menunjang tumbuh kembang  janin. Vitamin C berperan aktif dalam pembentukan jaringan janin dan mencegah resiko preeklampsia. Jenis vitamin C bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.

Selain itu jenis vitamin lainnya diperlukan untuk proses metabolisme, pembentukan tulang, gigi dan juga menigkatkan sistem imun janin sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  • Seng

Seng diperlukan untuk membantu proses dalam memproduksi materi generatik ketika terjadi pembuahan. Seng bisa diperoleh dari biji-bijian, telur, daging dan kacang-kacangan.

  • Karbohidrat

Karbohidrat sebaikya jangan diabaikan untuk menjaga kesehatan dan energi Anda dalam menjalani kehamilan. Karbohidrat juga berguna dalam mengatasi gejala morning sickness. Konsumsi makanan seperti sereal gandum atau roti gandum karena mengandung karbohidrat kompleks.

Demikian anjuran dan pantangan yang sebaiknya diperhatikan pada usia kehamilan 2 bulan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This