Perawatan yang Harus Dilakukan Setelah Operasi Sesar

Telah kita ketahui, bahwa penyembuhan persalinan setelah operasi sesar membutuhkan waktu yang cukup lama, jika dibandingkan dnegan proses penyembuhan persalinan normal. Bahkan, waktu normal untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar ini kurang lebih membutuhkan waktu selama 3-4 minggu, bahkan lebih. Apalagi jika terjadinya kesalahan dalam penanganan luka bekas operasi, dan pastinya hal ini bisa mengakibatkan infeksi yang memang bisa memperpanjang masa penyembuhan.

Lantas, bagaimana cara perawatan pasca operasi caesar yang baik dan benar? Bahkan agar tidak memakan waktu yang cukup lama.

Berikut ini ada beberapa cara dalam proses perawatan pasca operasi sesar yang memang bisa Anda terapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Jagalah kebersihan pada luka bekas operasi

Anda harus bisa menjaga kebersihan pada luka bekas operasi, karena bekas operasi sesar ini umumnya tidak berbeda dengan luka bekas operasi lainnya. Dimana kita harus benar-benar menjaga kebersihan bekas luka tersebut, kebersihan lingkungan sekitar, atau bahkan penggunaan benat atau peralatan yang steril agar luka bekas operasi sesar tidak terinfeksi hanya dikarenakan adanya perkembangan bakteri di dalamnya.

Nah, yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kebrsihan luka bekas operasi diantaranya yaitu:

  • Cucilah dan bersihkan luka dengan cairan saline (seperti NaCl).
  • Ganti perban sesering mungkin.
  • Oleskan salep antibiotik yang dianjurkan oleh dokter.
  • Anda bisa membersihkan luka dengan kapas atau cotton bud yang steril dengan menggunakan cairan antiseptik.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan juga nyaman

Guna menghindari iritasi, maka alangkah lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakan pakaian yang longgar serta bisa membuat Anda nyaman ketika menggunakannya. Misalkan seperti piyama, baby doll atau bahkan daster.

  1. Support Perut Anda

Ketika Anda berdiri atau bahkan berjalan, maka usahakan postur tubuh Anda ada dalam keadaan yang baik. Anda bisa menahan perut Anda di bagian bekas luka ketika Anda mengalami pergerakan yang cepat atua bahkan tiba-tiba, misalkan ketika Anda bersin atau bahkan batuk.

  1. Konsumsi obat-obatan dan vitamin sesuai saran dokter

Anda dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter guna mempercepat proses penyembuhan luka bekas operasi.

  1. Minum air putih yang banyak

Bukan hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Karena dengan Anda banyak mengkonsumsi air putih, maka bisa menggantikan volume cairan yang hilang ketika ANda melahirkan serta menyusui.

  1. Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang seimbang

Guna mempercepat proses penyembuhan, Anda juga harus memperhatikan asupan gizi juga nutrisi yang seimbang. Konsumsilah makanan sehat yang memang memiliki kandungan gizi juga nutrisi yang baik.

  1. Lakukan pemeriksaan secara berkala

Setelah melakukan operasi sesar, maka Anda harus melakukan kontrol yang memang disesuaikan dengan jadwal. Hal ini bertujuan guna memastikan perkembangan juga keseimbangan luka bekas operasi sesar tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517