Perawatan Dasar Terhadap Luka Bakar Pada Anak

Luka bakar bisa saja terjadi pada anak Anda yang masih kecil akibat dari ketumpahan air panas, terkena knalpot motor ataupun terkena api. Terkadang hal tersebut terjadi akibat dari kelalaian orangtua ataupun pengasuh dalam menjaga si kecil pada waktu bermain. Namun, meskipun begitu Anda tidak perlu saling menyalahakan, lebih baik segera melakukan penanganan yang benar sehingga si kecil bisa secepatnya mendapat perawatan.

Pada umumnya luka bakar sangat menyakitkan dan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan. Pernahkah Anda melihat fenomena mengoleskan pasta gigi atau sabun colek pada luka bakar? Banyak orang yang beranggapan kalau cara tersebut dinilai sangat ampuh untuk mengobati luka tersebut. Namun, tindakan seperti itu ternyata kurang tepat dan bisa memperparah kondisi luka.

Luka Bakar Pada Anak

Jika Anak Anda Terkena Luka Bakar, Lakukan Beberapa Cara Berikut Ini!

Penanganan awal yang tepat terhadap luka bakar sangat menentukan lamanya proses penyembuhan. Maka dari itu apabila si kecil terkena luka bakar maka sebaiknya lakukan penanganan yang benar dan jangan panik.

Perhatikan beberapa langkah berikut ini untuk memberikan pertolongan pertama terhadap luka bakar pada anak Anda.

  • Jangan mengoleskan krim apapun ketika anak Anda terkena luka bakar. Celupkan bagian yang terluka ke dalam air dingin kurang lebih selama 15 menit. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan menurunkan suhu kulit. Namun jangan pernah menggunakan air es untuk merendam luka tersebut karena bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit dan memperparah luka tersebut.
  • Jika luka bakar tersebut pada wajah atau bagian tubuh yang sulit untuk dicelupkan pada air, gunakan handuk yang dibasahi oleh air bersih untuk mengompres bagian luka tersebut.
  • Apabila luka bakar tertutup pakaian, usahakan untuk membuka pakaian tersebut. Jika baju yang dipakai oleh anak menempel pada luka tersebut sebaiknya jangan memaksa untuk melepaskannya karena kulit bisa mengelupas. Sebaiknya pakaian yang menempel tersebut digunting dan dibiarkan terlebih terlebih dahulu bagian yang menempelnya untuk kemudian mendapat penangan yang benar dari dokter.
  • Bersihkan area luka bakar menggunakan air bersih sebelum ditutup dengan kain supaya tidak ada kuman yang dapat memicu infeksi pada kulit.
  • Jika kulit anak menggelembung meskipun sudah di rendam menggunakan air, sebaiknya oleskan salep khusus untuk luka bakar yang mengandung antiseptik kemudian tutup luka tersebut menggunakan kain bersih yang tidak meninggalkan serat pada luka.
  • Segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik supaya tidak terjadi infeksi pada luka tersebut.

Demikian perawatan dasar yang bisa Anda lakukan ketika si kecil terkena luka bakar akibat tumpahan air panas atau percikan api. Penanganan ini merupakan salah satu cara untuk meredam rasa sakit sebelum Anda membawa si kecil ke dokter. Tetap tenang dan jangan panik supaya penanganan yang Anda lakukan bisa membuahkan hasil yang optimal. Semoga tips yang penulis berikan bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Related Posts

Share This