Perawatan Bayi: 5 Cara Aman Membersihkan Telinga Si Kecil

Selamat ya bunda atas kelahiran buah hatinya! Ketika si kecil lahir dengan selamat dan sehat tanpa adanya kekurangan, pastinya Anda akan merasa sangat bahagia. Namun seiring dengan kebahagiaan itu, Anda juga pasti akan bingung dan khawatir dalam perawatan bayi yang baru lahir.

Apalagi perawatan bayi di sekitar telinga serta beberapa bagian lainnya yang dirasa sulit untuk di bersihkan. Pastinya Anda akan merasa bingung sendiri mengenai hal tersebut. Apalagi, membersihkan telinga bayi merupakan salah satu hal yang penting untuk di lakukan, namun juga sulit.

Nah, jika Anda bertanya-tanya mengenai cara membersihkan telinga bayi, berikut ini kami uraikan 5 cara dalam membersihkan telinga si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Mandikan si kecil dengan menggunakan air hangat namun tidak terlalu panas, pergunakanlah sentuhan siku Anda. Ketika itu, Anda bisa memandikan si kecil dengan menggunakan bak kecil yang memang khusus untuk bayi yang baru lahir, dan tempatkan handuk di dalam air guna melindungi kulit halus si kecil dari gesekan.
  2. Peganglah si kecil dengan lembut namun aman dengan cara menempatkan tangan Anda di belakang punggungnya. Jika Anda tidak percaya diri dengan memegang keadaan si kecil yang basah, maka Anda bisa mengambil si kecil dan gendonglah dengan menggunakan satu tangan Anda.
  3. Basahilah kain yang lembut, setelah itu usapkan di bagian telinga si kecil dengan cara yang lembut, namun tidak menggunakan sabun. Setelah itu, bersihkan seluruh bagian telinga luar si kecil dengan kain lembut yang telah di basahi tersebut. Anda harus memastikan kalau bagian celah belakang telinga si kecil telah Anda bersihkan, karena umumnya bagian belakang telinga si kecil merupakan bagian yang sangat kotor. Dan inilah area yang memang kerap menjadi penumpukan kotoran pada sekitar telinga.
  4. Setelah itu, Anda bisa kembali membasahi lap yang halus dan peras, setelah itu bersihkan bagian dalam telinga si kecil dengan cara lembut. Umumnya bayi memiliki velah yang berbeda, dan biasanya di bagian ini kotoran kerap kali menumpuk jika Anda tidak rutin membersihkannya. Anda harus memastikan kalau keadaan telinga si kecil tetap bersih serta tidak terjadi iritasi dikarenakan Anda menggorok terlalu keras.
  5. Anda bisa menggulung ujung lap yang Anda gunakan sekecil mungkin. Bahkan Anda dianjurkan untuk menggunakan waslap yang memang di rancang khusus untuk bayi yang memang memiliki tekstur jahitan yang lebih kecil. Ketika itu, Anda harus memeras kelebihan air, dan dengan lembut selipkan pada bagian titik telinga bayi serta putarkan ke dalam bagian dalam telinga si kecil dengan cara yang lembut.

Nah, itulah beberapa cara dalam membersihkan daun telinga si kecil. Dan ketika Anda tengah membersihkan telinga si kecil, pastikan kalau Anda membersihkannya secara perlahan dan tidak terlalu dalam, karena kotoran yang ada di dalam telinga si kecil sebenarnya tidak perlu untuk si bersihkan, cukup bagian luarnya saja.

Related Posts

Share This