Peralatan Memasak Yang Wajib Anda Miliki Untuk Membuat MPASI

Setelah program ASI ekslusif selesai selama 6 bulan, kini si kecil mulai diperkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Makanan padat bisa Anda berikan pada bayi secara bertahap sesuai dengan usia. Salah satu contoh makanan padat untuk lbayi yaitu pure buah, jus buah dan nasi tim.

Untuk membuat makanan pendamping ASI, tentunya Anda membutuhkan berbagai macam peralatan yang bisa memudahkan dalam membuat makanan tersebut. Sebenarnya dalam membuat makanan untuk bayi tidak membutuhkan peralatan khusus karena yang terpenting adalah kebersihan dari alat tersebut. Peralatan khusus dibutuhkan dengan tujuan supaya lebih praktis dan tidak tercampur dengan alat yang lain.

Berikut Ragam Alat Yang Harus Anda Miliki Untuk Membuat MPASI

  1. Blender

Blender sangat berguna untuk membuat pure buah dan jus buah. Selain itu, blender juga bisa digunakan untuk menghaluskan bubur yang dicampur dengan sayuran atau bahan makanan lain sehingga teksturnya menjadi lebih lembut.

  1. Steamer

Manfaat dari steamer yaitu untuk mengukus makanan. Perlu Anda ketahui bahwa mengukus lebih baik dari merebus karena kandungan nutrisi dari makanan tersebut akan tetap terjaga. Steamer bisa Anda gunakan untuk mengukus buah atau sayur sebelum dihaluskan menjadi bubur.

  1. Cetakan es batu

Alat yang satu ini sangat berguna untuk menyimpan dan membekukan makanan bayi seperti pure buah ataupun makanan yang lainnya. Cetakan es batu sangat praktis untuk menyimpan makanan bayi di dalam lemari pendingin.

  1. Mangkok tertutup

Wadah tertutup seperti mangkok sangat bermanfaat untuk menyimpan cadangan makanan bayi di dalam ataupun di luar lemari pendingin. Mangkok yang mempunyai penutup sangat efektif untuk menjaga kualitas makanan.

  1. Rice cooker

Rice cooker bisa digunakan untuk memasak bubur tim ataupun kaldu untuk bayi. Alat yang satu ini sangat praktis untuk digunakan sehari-hari. Bahan makanan yang dimasak tidak perlu ditunggui karena memiliki pengatur panas yang stabil dan otomatis.

  1. Food processor

Salah satu alat yang mirip dengan blender dan memiliki fungsi yang sama untuk menghaluskan makanan. Alat yang satu ini sangat praktis untuk dibawa ketika bepergian.

  1. Grinder

Alat ini berbentuk seperti gelas tinggi dan berguna untuk menghaluskan makanan bayi. Digunakan dengan cara diputar dan akan menghasilkan makanan yang memiliki tekstur sehingga sangat efektif untuk bayi dalam belajar mengunyah.

  1. Botol bersendok

Botol bersendok bisa digunakan untuk bayi yang sedang dalam proses belajar mengunyah makanan. Anda bisa menggunakan alat tersebut untuk menyuapi bayi dengan makanan encer seperti pure atau bubur.

  1. Food maker

Food maker terdiri dari beberapa peralatan seperti saringan kawat, parutan, alat untuk menumbuk dan perasan. Kapasitas peralatan ini kecil dan hanya bisa digunakan untuk membuat porsi satu kali makan. Namun alat-alat ini sangat praktis dan membantu Anda untuk mengolah makanan.

  1. Pisau dan talenan

Pisau dan talenan untuk memotong makanan bayi tidak boleh digunakan sembarangan. Pisahkan pisau dan talenan untuk membuat makanan bayi dengan yang biasa digunakan sehari-hari. Hal ini untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri.

Pilihlah peralatan untuk membuat MPASI yang mudah dibersihkan serta tidak meninggalkan noda yang bisa memicu perkembangan bakteri.  Jagalah kebersihan dari peralatan tersebut dengan cara mencuci sampai bersih setiap kali selesai digunakan.

Related Posts

Share This