Penyebab Wasir Pada Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Hanya beberapa ibu hamil yang akan mengalami sembelit yang berujung mengalami wasir pada ibuhamil. Namun jika Anda mengalami wasir, Anda tidak perlu merasa khawatir. Mengapa? Karena wasir ini merupakan gangguan umum yang kerap kali dialami oleh ibu hamil, dan masih ada solusi untuk mengatasinya.

Wasir atau bahkan ambeien merupakan kondisi dimana adanya pembengkakan serta peradangan yang terjadi di bagian pembuluh darah balik yang berada di daerah sekitar anus. Peradangan yang terjadi di bagian dalam atau luar anus ini terjadi karena adanya kesulitan dalam proses pembuangan sampah metabolisme. Dan hal tersebut mengakibatkan Anda harus mengejan dengan tenaga ketika buang air besar. Apalagi ketika terjadinya wasir pada ibu hamil, hal ini sangat merepotkan.

Wasir pada ibu hamil memang merupakan satu hal yang biasa terjadi. Jika seperti itu, lantas apa hubungannya antara kehamilan dengan wasir? Berikut ini ada beberapa penyebab wasir yang kerap terjadi pada ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Adanya perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Selama kehamilan, keadaan kadar hormon progesterone akan meningkat guna memperkuat atau bahkan menahan keadaan janin yang ada di dalam rahim. Bahkan di waktu yang sama, keadaan hormon tersebut nantinya mampu menghambat gerak peristaltic otot sistem pencernaan yang memang dibutuhkan guna perjalanan makanan dari saluran pencernaan hingga menuju saluran pembuangan agar dapat berjalan dengan lancar.
  2. Adanya ukuran janin yang semakin hari semakin membesar. Hal ini diakibatkan oleh keadaan janin yang ada di dalam kandungan mendesak sejumlah pembuluh darah yang berada di sekitar perut juga panggul. Keadaan darah yang meningkat, baik itu volume atau bahkan alirannya menjadi terhambat.
  3. Karena sembelit. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya asupan zat besi yang cukup tinggi selama kehamilan. Pastinya zat besi sangat penting untuk calon ibu, karena hal ini berfungsi guna menghindari terjadinya resiko anemia. Namun pada sebagian ibu hamil, hal ini juga bisa menyebabkan sulitnya buang air besar sampai akhirnya menyebabkan wasir pada ibu hamil.
  4. Adanya beban yang di tanggung oleh ibu hamil. Adanya beban janin yang ada di dalam kandungan serta dirinya sendiri bisa menyebabkan keadaan lambung juga rahim saling berhimpitan, sehingga adanya dorongan sedikit saja terhadap bagian anus bisa menyebabkan pembuluh darah yang berada di sekitar anus menjadi pecah, dan itu bisa menyebabkan wasir. Bahkan tidak jarang peredaran zat makanan pun akan ikut terhambat, sampai pada akhirnya seorang ibu hamil akan mengalami sulitnya buang air besar.
  5. Adanya gerakan fisik terutama yang berada di bagian perut yang terbatas selama kehamilan. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kinerja usus menjadi terganggu.

Penyakit wasir pada ibu hamil memang tidak begitu berbahaya, namun karena adanya gangguan ini, banyak diantaranya ibu hamil yang memang tidak bisa menikmati masa kehamilannya ini.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517