Penyebab Utama Sesak Nafas Saat Hamil Muda

Sesak nafas saat hamil muda merupakan salah satu hal umum yang kerap di alami oleh ibu hamil. Mungkin saja kondisi ini tidak begitu mengancam kesehatan tubuh ibu juga janin yang ada did alam kandungan, namun hal ini sangat membuat tidak nyaman ibu hamil. Oleh sebab itu, sesak nafas saat hamil muda memang membutuhkan perhatian yang lebih serta perawatan yang tepat. Dan pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai penyebab terjadinya sesak nafas saat hamil muda yang perlu untuk di ketahui agar Anda bisa menghindarinya.

Kehamilan memang banyak membawa banyak perubahan, terutama perubahan fisik. Karena hormon akan mengalami beberapa perubahan yang pesat, dan hal ini merupakan salah satu alasan mengapa terjadinya perubahan terhadap ibu hamil muda. Trimester pertama masa kehamilan merupakan satu masa yang pastinya akan membawa sejumlah perubahan internal ataupun perubahan eksternah saat hamil. Namun hal ini merupakan satu hal yang wajar terjadi dan pastinya akan dialami oleh wanita hamil muda. Dan masalah yang paling umum yang kerap terjadi pada wanita atau ibu hamil yaitu batuk juga pilek, dan gejala-gejala ini akan menyerang ibu hamil selama kehamilan trimester pertama.

Di masa kehamilan, gejala batuk juga pilek tidak akan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan, akan tetapi rasa sesak juga hidung yang tersumbat bisa membuat Anda menjadi frustasi selama kehamilan. Dikarenakan adanya sejumlah perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil, maka di masa kehamilan ibu hamil akan jauh lebih sensitive terhadap rasa sakit. Bahkan para medis menyebutkan, bahwa batuk, pilek serta sesak nafas selama kehamilan tidak akan membahayakan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan, asalkan tidak memiliki kaitan dengan kondisi medis tertentu. Nah, di bawah ini ada beberapa penyebab sesak nafas saat hamil muda yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Penyebab utama terjadinya sesat nafas saat hamil muda yaitu karena adanya tinjauan dari pilek serta hidung yang tersumbat selama kehamilan. Berdasarkan hasil dari penelitian, kadar ekstrogen serta kadar progesterone akan terus meningkat selama masa kehamilan. Oleh karena itu, selaput hidung menjadi bengkak serta bisa mongering dengan mudah. Sementara itu, batuk juga pilek yang menyerang ibu hamil bisa membuat dada menjadi terasa pengap, lantas menyebabkan dada terasa sesak.
  2. Selama masa kehamilan, bayi akan terus tumbuh bahkan mulai menempati ruang yang jauh lebih luas, dan ketika itu janin yang ada di dalam kandungan bisa mendorong diafragma. Kondisi seperti ini mampu membatasi paru-paru menjadi lebih kecil dari ukuran normal ruang, bahkan bisa mengurangi kapasitasnya.
  3. Volume darah yang ada di dalam tubuh akan mengalami peningkatan selama masa kehamilan, sehingga bagian pembuluh darah juga kapilar akan dipompa lebih sering jika di bandingkan ketika Anda belum hamil. Dan hal ini bisa membuatnya menjadi membengkak dan menyebabkan sesak nafas pada ibu hamil.
  4. Perubahan hormon juga mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh ketika Anda berada di masa kehamilan. Sistem kekebalan tubuh akan menjadi melemah selama kehamilan.

Dan itulah beberapa penyebab terjadinya sesak nafas saat hamil muda yang kerap di alami di masa kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517