Penyebab Utama Penyakit Sinusitis Pada Anak yang Wajib Diketahui

Penyakit sinusitis ini berasal dari bahasa latin, yakni sinus yang memiliki arti cekungan dan akhirian it is ini memiliki arti radang. Penyakit sinusitis ini merupakan peradangan yang terjadi pada saluran organ tenggorokan yang mana menghubungkan langsung antara hidung dengan rongga mata. Biasanya, di dalam sinus berisikan udara, namun ketika sinus ini tersumbat dan malah berisikan cairan, maka sejumlah bakteri, kuman, virus bahkan jamur bisa berkembang biak di dalamnya dan menyebabkan infeksi. Penyakit sinusitis ini bisa terjadi pada orang dewasa bahkan anak kecil, dan salah satu bentuk indikasi anak yang terserang penyakit ii biasanya di tandai dengan adanya sejumlah keluhan terus menerus, terutama pada bagian tenggorokan anak, hidung yang tersumbat bahkan sakit kepala yang dirasakannya secarav terus menerus.

Bukan hanya itu, gejala penyakit sinus yang terjadi pada anak juga bisa ditandai dengan adanya perubahan warna dari ingus yang keluar dari hidung si kecil, yang memang lebih cenderung memiliki warna kuning atau bahkan kehijauan, hal inilah yang mengindikasikan kalau virus atau bahkan bakteri yang berkembang di dalam sinus telah berkembang biak dengan pesat.

Di bawah ini ada beberapa penyebab penyakit sinusitis yang terjadi pada anak, yang wajib untuk orang tua ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Terjadinya alergi pada si kecil. Alergi yang di alami si kecil bisa membuat penyakit sinusitis ini menjadi lebih berat, sehingga bagi anak yang memiliki alergi akan lebih mudah terserang penyakit sinus.
  2. Hidung yang tersumbat diantaranya disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh virus flu di mana keadaan tubuh kurang baik. Dan infeksi yang terjadi di bafgian sinus serta tenggorokan inilah yang kerap mengarah ke penyakit sinusitis.
  3. Terjadinya radang pada rongga hidung yang memang juga bisa disebabkan oleh cara orang tua dalam membuang ingus si kecil yang salah. ingus yang seharusnya dikeluarkan dari hidung si kecil malah tersedot dan langsung masuk ke dalam rongga, sehingga ingus akan menjadi susah untuk dikeluarkan, dan itu bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau bahkan jamur yang ada di dalam sinus.
  4. Kuman yang memang bisa menyerang bagian sinus yaitu Streptococcus Pneumoniae serta virus Haemo Philus Influezae, yang memang hampir banyak di temukan dalam sejumlah kasus terjadinya penyakit sinus.
  5. Penyakit sinusitis juga bisa disebabkan oleh terjadinya radang di tempat lain selain sinus yang memang masih berdekatan, misalkan radang tenggorokan, radang amandel, radang yang terjadi pada gigi graham atas, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa penyebab penyakit sinusitis yang kerap terjadi pada si kecil, yang harus benar-benar di pahami ole orang tua guna mencari cara dalam mengatsi serta mencegah terjadinya penyakit sinusitis.

Related Posts

Share This