Penyebab Ukuran Perut Ibu Hamil Terlihat Kecil Pada Kehamilan Tahap Akhir

Ukuran perut ibu hamil akan semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Jika diperhatikan sekilas, ukuran perut pada waktu mengandung memang berbeda-beda dan tidak semua ibu hamil memiliki ukuran perut yang besar. Lantas apa penyebab ukuran perut masih terlihat kecil meskipun sudah memasuki tahap akhir kehamilan? Apakah menandakan adanya gangguan pada janin?

Kondisi perut yang masih terlihat kecil memasuki usia kehamilan trimester ketiga sebenarnya tidak perlu dicemaskan  jika tidak menunjukan gejala yang membahayakan. Apabila gerakan janin melambat atau sama sekali tidak ada gerakan maka hal ini oyang perlu diwaspadai dan harus segera dilakukan pemeriksaan medis menggunakan USG untuk melihat kondisi janin.

Bagi Anda yang mengalami kehamilan dengan ukuran perut yang tidak terlalu membesar maka jangan khawatir selagi kehamilan Anda tidak menunjukan gejala yang membahayakan. Dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah memperhatikan asupan nutrisi dan lakukan pemeriksaan ke dokter secara teratur untuk memantau perkembangan janin hingga tiba waktunya persalinan.

Berikut Penyebab Ukuran Perut Masih Terlihat Kecil Meskipun Kehamilan Tahap Akhir

  • Faktor Genetik

Faktor keturunan atau genetic menjadi salah satu penyebab ukuran perut masih terlihat kecil pada kehamilan tahap akhir. Hal ini berkaitan erat dengan bentuk perut ibu hamil yang nampak kecil. Dalam hal ini janin dalam keadaan normal. Selain itu, faktor genetic ini bisa dipengaruhi oleh infeksi pada tubuh ibu hamil.

  • Gangguan Plasenta

Kemungkinan lain ukuran perut oyang masih terlihat kecil adalah adanya gangguan pada plasenta. Kondisi ini dipicu oleh gangguan kesehatan pada ibu hamil seperti penyakit pada organ hati dan tekanan darah.

  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat sebelum dan sewaktu menjalani kehamilan menjadi pemicu ukuran perut terlihat kecil. Diantara kebiasaan buruk tersebut yaitu mengkonsumsi alkohol dan merokok. Kandungan zat kimia bisa menyebabkan gangguan pada bobot janin sehingga tidak berkembang dengan baik dan ukurannya cenderung kecil.

  • Faktor Usia

Hamil pada usia 18 tahun atau diatas 35 tahun akan meningkatkan resiko ukuran perut yang terlihat kecil. Kondisi tersebut harus segera dilakukan pemeriksaan dokter untuk mengetahui normal atau tidaknya perkembangan janin. Dalam hal ini dikhawatirkan janin mengalami gangguan dalam hal sirkulasi darah dari ibu hamil sehingga pasokan nutrisi terganggu.

Nah, demikian beberapa penyebab yang berkaitan dengan kondisi perut masih terlihat kecil pada kehamilan trimester ketiga. Untuk mencegah gangguan pada pertumbuhan janin, maka salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah menjaga kesehatan. Ibu hamil harus senantiasa menjaga pola makan dengan asupan makanan yang bergizi, istirahat cukup dan melakukan pemeriksaan kandungan secara teratur.

Related Posts

Share This