Penyebab Tangan Anak Sering Berkeringat Yang Harus Anda Ketahui

Keringat yang keluar secara berlebih dari tubuh tidak selamanya sebagai pertanda adanya masalah kesehatan. Namun hal ini perlu diwaspadai karena kemungkinan sebagai tanda adanya gejala awal dari suatu penyakit. Banyak orang yang berpendapat bahwa keringat berlebih pada telapak tangan merupakan salah satu pertanda adanya masalah kesehatan seperti penyakit jantung.

Ketika mendapati si kecil sering berkeringat pada bagian telapak tangan maka Anda harus mewaspadai kondisi tersebut. Anda harus mencari penyebabnya terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dalam mencari solusi dalam menangani masalah tersebut.

Beberapa Penyebab Tangan Anak Sering Berkeringat

  1. Proses metabolisme tubuh

Banyak orangtua yang mengeluhkan dan merasa khawatir ketika tangan si kecil sering berkeringat. Perlu Anda ketahui bahwa pada area telapak tangan banyak terdapat kelenjar keringat sehingga tidak heran ketika tidur si kecil akan mengeluarkan keringat. Hal ini sebagai tanda kelenjar keringat berfungsi dengan baik. Keringat yang keluar secara berlebih bisa diakibatkan oleh kondisi cuaca yang panas dan merupakan salah satu bentuk sekresi tubuh untuk membuang zat beracun serta sisa-sisa garam dari dalam tubuh.

Selain itu, keringat berlebih pada tangan anak terjadi karena tubuh sedang memproses makanan atau disebut dengan proses metabolisme. Pada waktu tubuh memproses makanan menjadi protein untuk menghasilkan energi maka tubuh akan mengeluarkan keringat karena adanya panas dari dalam tubuh serta mengeluarkan zat racun yang adap pada makanan tersebut. Nah, maka dari itu Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika mendapatiĀ  tangan anak sering berkeringat. Untuk lebih memastikan hal tersebut sebaiknya Anda membawa si kecil ke dokter.

  1. Adanya indikasi penyakit yang memicu keringat berlebih pada anak

Banyak orang yang mengaitkan banyak keringat dengan adanya penyakit sehingga hal ini perlu mendapat perhatian serius. Terlebih lagi ketika keringat berlebih itu muncul pada si kecil. Persepsi kebanyakan orang tentang penyakit tersebut mungkin belum sepenuhnya benar. Namun tidak ada salahnya apabila Anda waspada dengan kesehatan si kecil.

Jumlah keringat yang keluar pada dasarnya masih dikatakan normal apabila tidak mengganggu perkembangan anak. Selain itu, keringat dikatakan wajar apabila pola tidur, selera makan dan pertumbuhan si kecil masih normal. Namun keringat yang berlebih harus tetap diwaspadai, terlebih lagi apabila dibarengi dengan keluhan seperti rewel atau pola makan yang berkurang.

Ada beberapa kemungkinan yang harus diwaspadai ketika si kecil mengeluarkan keringat berlebih pada telapak tangan. Berikut beberapa hal yang harus Anda waspadai.

  • Hiperhidrosis merupakan salah satu gejala awal terhadap suatu kondisi khusus pada bagian tubuh tertentu sehingga memicu keringat secara berlebih. Biasanya hiperhidrosis disebabkan oleh penyakit sistem endokrin seperti diabetes mellitus, kanker atau kelainan pada kelenjar getah bening.
  • Kekurangan asupan makanan bergizi. Asupan gizi yang kurang menjadi penyebab keringat berlebih pada anak. Mengapa bisa terjadi demikian? Hal ini karena makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang proses metabolisme dan perkembangan sel-selĀ  serta menjaga kesehatan tubuh. Nah, ketika energi yang seharusnya bisa didapatkan dari sumber makanan bergizi seperti lemak tidak terpenuhi maka terpaksa tubuh harus bekerja lebih keras sehingga hal ini menimbulkan keringat yang berlebih.
  • Alergi pada anak. Banyaknya keringat yang keluar bisa di picu oleh riwayat alergi karena hipesensitif terhadap suhu panas. Kondisi suhu yang panas akan memacu kinerja dari kelenjar keringat sehingga memproduksi secara berlebih pada bagian telapak tangan anak. Selain itu kulit anak akan mudah bereaksi sehingga mengakibatkan masalah pada kulit seperti biang keringat.

Itulah penyebab keringat berlebih yang muncul pada tangan si kecil. Apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya maka akan memudahkan untuk melakukan penanganan sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Konsultasi dengan dokter adalah salah satu cara terbaik supaya mendapatkan solusi dan penanganan yang benar.

Related Posts

Share This