Penyebab Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Sesak nafas pada ibu hamil merupakan salah satu keluhan yang paling sering terjadi. Sesak nafas bisa menimpa pada usia kehamilan berapa pun. Namun yang paling sering terjadi biasanya menimpa usia kehamilan tahap akhir akibat dari kondisi janin yang semakin membesar.

Sesak nafas hampir dialami oleh sebagian besar ibu hamil di dunia. Sesak nafas saat hamil bisa terjadi kapan saja, baik itu ketika bersantai ataupun melakukan aktivitas berat. Bahkan beberapa ibu hamil mengalami sesak nafas secara tiba-tiba pada waktu sedang tidur.

Faktor Penyebab Nafas Sesak Saat Hamil

  1. Peningkatan hormon progesteron

Hormone progesterone akan meningkat pada ibu hamil seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Peningkatan hormone tersebut akan berdampak terhadap kinerja otak yang akan memberikan perintah untuk sistem pernafasan supaya bekerja lebih giat dan keras. Kondisi tersebut tentunya yang memicu sesak nafas selama hamil.

  1. Kebutuhan oksigen meningkat

Penyebab lain sesak nafas pada waktu hamil yaitu kebutuhan oksigen semakin meningkat seiring dengan berkembangnya janin di dalam kandungan. Oksigen dibutuhkan untuk proses metabolisme janin sehingga kebutuhan tersebut menjadi berlipat.

  1. Tekanan rahim

Pertumbuhan janin yang semakin membesar di dalam rahim akan memicu/menekan diafragma dalam paru-paru sehingga volume oksigen akan menurun dan ibu hamil kesulitan untuk bernafas.

Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil

Nafas sering sesak pada waktu hamil merupakan hal yang wajar, namun kondisi tersebut tidak boleh disepelekan karena bisa berdampak terhadap kehamilan. Adapun cara untuk mengatasi sesak nafas pada waktu hamil yaitu sebagai berikut:

  • Hindari menggunakan pakaian ketat

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian ketat karena hal tersebut akan memperparah kondisi sesak nafas. Pakaian ketat juga beresiko mengakibatkan perubahan suhu yang bisa memicu hormone progesteron meningkat.

  • Atur posisi duduk

Untuk mengatasi sesak nafas pada waktu hamil, usakan untuk duduk dengan menggunakan posisi yang tepat. Posisikan badan supaya tegak dan mulailah untuk mengatur nafas secara perlahan. Lakukan berulang sampai kondisi Anda semakin membaik.

  • Olahraga

Lakukan olehraga ringan seperti jalan santai, berengan ataupun yoga. Olahraga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga berdampak baik terhadap sistem pernafasan.

  • Atur posisi tidur

Sesak nafas pada waktu hamil tentunya akan mengganggu kenyamanan pada waktu tidur. Maka dari itu disarankan bagi ibu hamil untuk mengganjal bagian kepal menggunakan bantal yang lebih tebal sehingga posisi kepala lebih tinggi dan gunakan posisi tidur agak miring. Dengan begitu paru-paru tidak akan terhimpit.

Nah, demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi sesak nafas pada waktu hamil. Selain dengan melakukan beberapa hal diatas, hindari pula mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas pada waktu hamil karena bisa memicu sesak nafas semakin parah.

Related Posts

Share This