Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan yang Mungkin Sering Anda Alami

Sakit pinggang sebelah kanan bisa terjadi kapan saja bahkan dalam waktu tertentu atau bahkan secara terus-menerus jika sakit pinggang tersebut sudah mencapai tingkat akut. Umumnya sakit pinggang sebelah kanan yang akut akan dirasakan sangat tajam, intens bahkan memiliki onset yang mendadak.

Dan sakit pinggang kronis yang tersu berlanjut dalam waktu yang lama dan biasanya tidak sesakit nyeri pinggang akut, namun dalam seiring dengan berjalannya waktu, hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang.
Nah, berikut ini ada beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang memang mungkin saja sering Anda alami, yaitu sebagai berikut:

1. Tegang Otot

Jika keadaan otot lumbal sebelah kanan mengalami ketegangan, maka hal ini bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Begitupun sama halnya dengan bagian sisi kiri. Hal ini merupakan salah satu penyebab yang memang paling sering Anda alami. Bahkan, hal ini juga bisa terjadi jika seseorang membuat suatu gerakan secara tiba-tiba, gerakan yang tidak lazim, atau bahkan ketika seseorang mengangkat barang-barang yang berat secara berulang. Dan rasa sakit di bagian pinggang bisa terjadi kapan saja, bahkan secara tiba-tiba.

2. Masalah Empedu

Ketika adanya peradangan dalam kandung empedu, maka rasa sakitnya bisa menjalar ke bagian pinggang, sehingga bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Peradangan ini atau bahkan disebut dengan batu empedu adalah penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang paling sering di alami oleh sebagian besar orang-orang.
Dan umumnya, rasa sakit karena hal ini akan berpusat pada bagian pinggang tengah sebelah kanan, bahkan bisa menjalar naik ke bagian bahu.

3. Sciatica

Sciatica ini adalah salah satu istilah yang memang diberikan untuk setiap jenis rasa sakit yang memang disebabkan oleh adanya iritasi atau bahkan ketika adanya kompresi saraf siatik atau adanya saraf siatik yang terjepit. Saraf siatik ini adalah bagian saraf terpanjang yang ada di dalam tubuh kita, yang memang berjalan dari bagian belakang panggul, lalu melalui bokong yang bertuju ke bagian kaki. Dan jika yang terjepit adalah saraf sciati sebelah kanan, maka hal ini bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan yang tepat berada di bawah panggul yang biasanya menjalar sampai ke bagian kaki.

4. Sakit Pinggang Karena Ginjal

Penyakit ginjal yang memang bisa menimbulkan rasa sakit di bagian pinggang diantaranya yaitu batu ginjal dan infeksi ginjal. Jika ginjal sebelah kanan yang terkena, maka bagian pinggang yang sakit adalah sebelah kanan, begitu pula sebaliknya.

5. Herpes Zoster

Dikarenakan herpes zoster ini menyerang bagian saraf, maka mungkin saja saraf yang berada di bagian pinggang sebelah kanan akan terkena dampaknya, sehingga bisa muncul rasa sakit, panas atau bahkan nyeri yang umumnya disertai dengan rasa kesmeutan yang biasanya akan menjalar sampai ke bagian perut, sesuai dengan jalur syaraf, dan tidak lama dari itu, biasanya akan muncul kelainan pada bagian kulit yang menyerupai gelembung cairan yang memang bergelombang.

Related Posts

Share This