Penyebab Payudara Sakit yang Harus Anda Ketahui

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh kaum wanita yang harus benar-benar diperhatikan kesehatannya. Dan ada beberapa penyebab payudara sakit yang pastinya harus Anda ketahui. Apa sajakah itu? Mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Ketidakseimbangan hormonal

Rasa nyeri di bagian payudara bisa saja Anda rasakan ketika adanya perubahan hormon atau bahkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Dan penyebab umum terjadinya perubahan hormon pada wanita yaitu menstruasi, kehamilan, dan juga menopause. Dan umumnya, rasa nyeri di bagian payudara yang sering di rasakan oleh kaum wanita yaitu disebabkan oleh berkurangnya hormon esterogen yang ada di dalam tubuh wanita.

2. Bra terlalu ketat

Menggunakan bra yang terlalu ketat juga bisa menjadi penyebab terjadinya nyeri di bagian payudara. Hal tersebut dikarenakan penggunaan bra yang terlalu ketat tidak mampu memberikan ruang payudara untuk bernapas dengan bebas. Atau masalah ini juga bisa saja terjadi pada wanita yang memang keadaan payudaranya tengah tumbuh dan ia tidak mengahuinya.

3. Tidak menggunakan bra saat olahraga

Ada beberapa diantaranya wanita yang memang tidak suka menggunakan bra ketika mereka berada di rumah, termasuk ketika mereka berolahraga di rumah. Padahal hal ini merupakan cara yang salah dalam berolahraga. Karena tanpa menggunakan bra, maka tidak aka nada yang menopang payudara Anda ketika Anda tengah melakukan beberapa gerakan, dan hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya sakit di bagian payudara.

4. Kafein kelebihan

Berdasarkan hasil laporan dari Boldsky, perempuan yang memang menyukai atau pecandu kafein juga lebih cenderung akan merasakan sakit di bagian payudara. Hal ini dikarenakan, pada dasarnya kafein ini memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, jika payudara Anda terasa sakit, maka Anda bisa mengurangi asupan kafein Anda.

5. Efek samping obat

Rasa nyeri di bagian payudara juga bisa terjadi karena adanya efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan. Karena ada beberapa diantaranya jenis obat-obatan yang memiliiki dampak buruk terhadap hormone estrogen dalam tubuh Anda. Padahal jenis hormon ini memiliki peranan yang sangat penting agar fungsi payudara bisa berjalan dengan baik. Dan jika Anda merasakan sakit di bagian payudara, maka Anda bisa mencoba untuk mengecek beberapa obat-obatan yang tengah Anda konsumsi, apakah memiliki efek samping atau tidak.

6. Kista

Apakah Anda menemukan adanya benjolan di bagian payudara Anda? Dan apakah benjolan tersebut terasa sakit? Jika jawabannya iya, mungkin Anda bisa memeriksakan hal ini kepada dokter. Karena hal tersebut bisa saja merupakan kista yang memang menyebabkan payudara Anda terasa sakit. Dan bahayanya lagi, kista ini juga bisa berkembang menjadi kanker. Maka dari itu, Anda harus segera memeriksakan kondisi ini kepada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517