Penyebab Mimisan Pada Anak yang Penting Bunda Ketahui

Mimisan merupakan satu hal yang terjadi dimana darah akan keluar dari dalam hidung. Penyebab mimisan pada anak bermacam-macam, dimulai dari penyebab yang sederhana seperti kebiasaan mengupil yang terlalu dalam, kelembaban yang sangat rendah sampai adanya suatu benturan atau trauma tertentu. Mimisan pada anak memang tidak akan berbahaya, dan bisa berhenti dengan sendirinya.

Akan tetapi, dalam bberapa kasus tertentu, anak sering mimisan juga bisa menyebabkan bahaya dan harus secepatnya di tangani oleh ahli atau dokter. Mimisan pada anak memang tidak membahayakan si kecil, namun tetap bunda harus segera melakukan pertolongan pertama pada si kecil yang mengalami mimisan.

anak sering mimisan

Mungkin bunda akan bertanya-tanya, kenapa anak mimisan? Seperti yangtelah kami jelaskan, bahwa mimisan disebabkan oleh beberapa faktor atau penyebab, dan berikut ini beberapa penyebab mimisan pada anak yang penting untuk bunda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Polusi

Keadaan udara yang tidak bagus yang memang terhirup oleh si kecil akan memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan si kecil. Karena polusi yang terhirup si kecil seperti asap rokok ataupun asap kendaraan bisa menyebabkan iritasi di bagian selaput lendir, apalagi selaput lendir yang dimiliki si kecil masih tips dan masih bisa robek.

  1. Trauma

Trauma yang terjadi di bagian hidung si kecil bisa menyebabkan mimisa. Misalkan trauma karena benturan atau bahkan karena si kecil mengorek hidung dengan cara yang kasar dan dalam. Bunda bisa menghindari hal ini agar si kecil tidak mimisan, dengan cara memberikan peringatan kepada si kecil agar ia berhati-hati ketika bermain bersama teman-temannya.

  1. Obat-obatan

Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memicu terjadinya mimisan pada anak. Dimisalkan ketika si kecil merupakan anak yang kerap mengkonsumsi obat-obatan steroid, yang memang memiliki fungsi untuk melegakan hidung yang mampet serta berbagai jenis obat-obatan lainnya. dan sebaiknya, ketika si kecil mengalai mimisan yang disebabkan oleh obat-obatan ini, maka bundan segera konsultasikan kepada dokter.

  1. Infeksi

bahkan keadaan infeksi yang terjadi pada si kecil juga bisa menimbulkan mimisan pada anak. Misalnya hal ini diakibatkan oleh vestibulitas, yaitu terjadinya peradangan yang terjadipada bagian selubung akar rambut yang memang biasanya terjadi pada bagian dalam rongga hidung si kecil. Dan masalah sinusitis ini merupakan penyakit yang terjadi karena adanya peradangan di bagian daerah sinus di rongga kanan, kiri juga atas. Bahkan infeksi sistematik yang terjadipada si kecil merupakan infeksi yang diakibatkan oleh gangguan kesehatan, salah satunya yaitu adanya penyakit demam berdarah yang terjadi pada si kecil. Nah, untuk mimisanyang diakibatkan oleh gangguan infeksi yang terjadi pada si kecil, sebaiknya bunda segera menghubungi dokter.

Dan itulah beberapa penyebab mimisan pada anak yang wajib untuk bunda ketahui dan pahami. Semoga dengan postingan kami kali ini, bisa membantu bunda dalam memperhatikan kesehatan si kecil.

Related Posts

Share This