Penyebab Meningitis Pada Anak yang Wajib Bunda Ketahui

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi mengenai penyakit meningitis serta penyebab meningitis yang baru-baru ini banyak di perbincangkan. Mengitis merupakan gejala awal terjadinya peradangan yang mana mengenai lapisan selaput yang melindungi jaringan otak serta sumsum tulang belakang yang memang bisa menimbulkan eksudasi beripa pus atau bahkan serosa yang mana disebabkan langsung oleh virus juga bakteri yang menyerang tubuh. Penyebab meningitis ini juga bisa disebabkan oleh mikroorganisme, kanker, jamur, luka fisik, obat-obatan tertentu yang memang dikonsumsi langsung oleh penderitanya juga parasit yang bisa menyebar kedalam darah dan melebur di cairan otak. Bahkan penyakit meningitis ini merupakan jenis penyakit yang serius bahkan bisa mematikan orang yang menderitanya.

Jika di lihat dari jenisnya, penyakit meningitis ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu:

  1. Meningitis viral
    Yaitu jenis penyakit meningitis yang biasanya tidak menyebabkan penyakit yang lebih serius. Dalam kasusnya, jenis penyakit ini bisa menyebabkan panas demam dalam kurun waktu yang lama yang disertai dengan kejang-kejang.
  2. Meningitis bakteri
    Jenis penyakit ini tidaklah bisa di anggap remeh, karena penyakit jenis ini disebabkan oleh sejumlah bakteri yang menyerang jadringan tubuh dan bersifat serius.

Umumnya, penyebab sakit meningitis ini disebabkan oleh adanya paparan dari virus yang tidak berbahaya, bahkan penyakit ini akan pulih dengan sendirinya walau tanpa adanya perawatan juga pengobatan yang tepat. Namun, hanya saja penyakit meningitis yang disebabkan oleh sejumlah bakteri yang memang bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih serius, misalkan seperti kerusakan yang terjadi pada bagian otak si penderita dan beberapa hal lainnya, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sedangkan jenis penyakit meningitis yang disebabkan oleh jamur yang memang jarang terjadi ini, dan umumnya hanya terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh yang tidaklah baik, seperti orang yang menderita AIDS.

Dan berikut ini ada beberapa jenis bakteri yang bisa menjadi penyebab penyakit radang selaput otak, yaitu sebagai berikut:

  1. Streptococcus Pneumoniae (pneumococcus)

Bakteri ini merupakan jenis bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit meningitis terbanyak, yang memang bisa menyerang bayi juga anak-anak. Jenis bakteri ini bahkan bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi terhadap paru-paru, telinga juga rongga hidung.

  1. Neisseria Meningitidis (meningococcus)

Bakteri ini juga di sebut sebagai jenis bakteri yang banyak menyebabkan terjadinya penyakit menginitis. Meningitis yang terjadi oleh bakteri ini akan terjadi karena adanya infeksi yang memang menyerang langsung ke dalam saluran pernapasan pada bagian atas yang setelah itu bakteri yang menyerang akan masuk ke dalam peredaran darah serta berjalan langsung menuju kea rah otak, sehingga hal ini yang menyebabkan terjadinya meningitis.

  1. Haemophilus Influenzae (haemophilus)

Bakteri ini merupakan jenis bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernapasan di bagian atas juga telingan pada bagian dalam serta sinus. Infeksi yang ditimbulkan dari jenis bakteri ini bisa diatasi dengan cepat dengan cara pemberian vaksin pada orang yang mendritanya.

  1. Listeria Monocytogenes (listeria)

Jenia bakteri ini pada umumnya banyak di temukan di beberapa tempat, bahkan ada juga beberapa diantaranya makanan yang telah tercampur dengan jenis bakteri ini. Bakteri ini berasal dari hewan yang memang dipelihara oleh manusia serta jenis makanan yang memiliki potensi terkontaminasi bakteri dengan beberapa jenis listeria seperti keju, daging sandwich juga hot dog.

  1. Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tuberculosis

Bakteri jenis ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit meningitis, yaitu salah satu bakteri yang juga bisa menyebabkan penyakit TBC.

Related Posts

Share This