Penyebab Mata Minus yang Harus Anda Waspadai!

Penyebab mata minus. Mata minus merupakan salah satu kondisi dimana jika ada seseorang yang memang mengalami kondisi mata minus, maka kondisi ini cenderung akan terus bertambah parah, terutama jika orang tersebut ada dalam kondisi atau masa pertumbuhan. Karena ketika tinggi badan semakin bertambah, maka kondisi mata yang minus juga akan terus bertambah, dan hal ini dikarenakan adanya sumbu bola mata yang juga akan terus bertambah panjang.

Penyebab mata minus yang utama yaitu karena adanya kelengkungan kornea mata yang jauh lebih kecil atau lebih pendek serta keadaan sumbu bola mata yang akan terus bertambah panjang. Dan keuda hal ini bisa diperoleh melalui orangtua atau bahkan keturunan.
Penyebabnya bukan hanya dari keturunan, namun mata minus juga bisa terjadi dari beberapa bentuk aktivitas lainnya, seperti Anda yang terlalu lama membaca dalam posisi yang salah, atau bahkan bekerja dengan waktu yang terlalu lama dengan computer.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa mata ini bukanlah seperti kamera video. Ketika manusia melihat objek tertentu, maka pastinya aka nada cahaya yang masuk kedalam mata kita. Dan cahaya ini pastinya harus mampu melewati 4 struktur utama bagian mata. Dan ketika sinyal cahaya mengalami distorsi atau kerusakan, maka hal ini bisa menyebabkan penglihatan yang memburuk.

Mata sendiri merupakan bagian yang sangat rapuh namun sangat vital pada tubuh manusia, dan sayangnya mata sering di abaikan kebutuhannya. Dan berikut ini ada beberapa daftar singkat dari apa saja yang memang bisa menjadi penyebab mata minus, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Genetika

Faktor keturunan juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki penglihatan yang buruk.

2. Menatap dan mata tegang

Menatap juga keadaan mata yang tegang juga bisa menjadi faktor kerusakan mata Anda. Karena ketika Anda menatap suatu objek atau benda dalam jangka waktu yang cukup lama, maka hal ini bisa menyebabkan ketegangan terhadap mata Anda, dan menjadi penyebab mata minus.

3. Ekspresi muka

Ekspresi muka Anda juga bisa menjadi penyebab mata minus. Karena ketika Anda mengerutkan dahi, mengangkat alis atau bahkan ketika Anda menyipitkan mata, maka bisa memberikan beban pada beberapa otot yang mengontrol mata Anda.

4. Tidak cukup istirahat

Sama halnya dengan kondisi tubuh Anda, mata Anda juga membutuhkan istirahat yang cukup. Anda dianjurkan untuk tidak memforsir mata Anda untuk terus bekerja. Maka dari itu, Anda harus beristirahat ketika maka Anda sudah terasa lelah.

5. Stres

Stres juga merupakan salah satu penyebab nomor satu kematian. Maka dari itu, Anda juga bisa membayangkan akibat stress terhadap penglihatan Anda.

6. Kebiasaan makan yang buruk

Mengkonsumsi makanan yangb sehat juga memiliki kandungan gizi yang baik juga merupakan salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Jika Anda acuh dengan makanan yang Anda konsumsi serta tidak memperhatikan kandungan gizinya, maka dipastikan penglihatan Anda juga akan terganggu.

Related Posts

Share This