Penyebab Keluar Darah Saat hamil Muda

Keluar darah saat hamil muda tentunya akan menjadi kekhawatiran dan bahkan sebagian ibu hamil merasa panik. Pendarahan saat hamil secara umum bisa dialami oleh setiap wanita. Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya pendarahan padan usia kehamilan tahap awal.

Keluar bercak darah saat hamil muda tidak selalu di indikasikan sebagai gejala dari keguguran. Biasanya bagi pasangan yang baru pertama kali menjalani kehamilan dan belum memiliki pengalaman, kondisi tersebut menjadi kepanikan. Maka dari itu, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi tentang faktor penyebab pendarahan di awal kehamilan.

Berikut Penyebab Keluar Bercak Darah Saat Hamil

  1. Hamil anggur

Keluar bercak darah saat hamil bisa menjadi salah satu indikasi bahwa Anda mengalami kehamilan yang abnormal atau hamil anggur. Kasus kehamilan anggur merupakan salah satu yang menyebabkan terjadinya pendarahan karena secara umum embrio melekat di bagian luar rahim. Kondisi ini harus mendapat penanganan dari dokter ahli.

Gejala awal yang dirasakan sebelum terjadi pendarahan yaitu kram perut bawah yang luar biasa di bagian kanan atau kiri. Kondisi tersebut perlu diwaspadai dan tidak boleh dianggap sepele.

  1. Pendarahan implantasi

Anda tidak perlu khawatir ketika mendapati pendarahan diawal kehamilan karena bisa saja sebagai bagian dari proses hasil pembuahan yang masih berlangsung. Ketika sel telur menempel pada dinding rahim dan berkembang menjadi janin maka akan mengakibatkan perut kram. Pendarahan implantasi merupakan hal yang wajar dan Anda tiak perlu panik. Berkonsultasilah dengan dokter.

  1. Infeksi

Infeksi pada organ reproduksi salah satunya pada bagian serviks menjadi penyebab terjadinya pendarahan di awal kehamilan. Faktor penyebab yang paling umum yaitu herpes pada kemaluan. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian dan penanganan khusus.

  1. Perubahan serviks

Jika pendarahan diakibatkan oleh perubahan serviks maka Anda tidak perlu khawatir karena proses tersebut bersifat normal dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Namun, jika volume darah yang keluar cukup banyak maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah dampak buruk terhadap kehamilan Anda.

  1. Keguguran

Yang paling dikhawatirkan oleh ibu hamil yaitu pendarahan akibat keguguran. Terlebih lagi jika pendarahan tersebut bersifat abnormal. Indikasi pendarahan abnormal yaitu volume darah yang keluar banyak, darah yang keluar lebih kental dan disertai dengan cairan bening. Selain itu, sebelum terjadi pendarahan biasanya ibu hamil akan mengalami kram perut yang tidak wajar disertai dnegan keluarnya lendir dari lubang vagina.

Demikian beberapa penyebab pendarahan yang terjadi di awal kehamilan. Memeriksakan kehamilan secara rutin dan teratur sangat berguna untuk mencegah berbagai keluhan dan gangguan seputar kehamilan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This