Penyebab Keguguran Di Awal Kehamilan

Mungkin Anda sering mendengar terkait keguguran yang terjadi pada wanita di kehamilan pertamanya, namun apakah Anda tahu penyebab keguguran itu seperti apa? Sebenarnya, hal ini bukanlah satu hal yang aneh terjadi. Mengapa? Karena keguguran ini sangat mungkin terjadi di alami oleh wanita hamil, apalagi wanita yang memiliki kondisi kehamilan yang lemah.

Penyebab keguguran pada awal kehamilan memang sangat beragam, dimulai dari kondisi tubuh ibu hamil yang lemah sampai adanya human error. Bahkan telah di laporkan oleh Boldsky, bahwa ada 1 di antara 4 orang wanita hamil yang pernah mengalami keguguran di awal kehamilannya.

Nah, agar Anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kehamilan Anda, maka Anda dianjurkan untuk mengetahui penyebab keguguran hamil muda, diantaranya yaitu sebagia berikut:

Kehamilan yang tidak direncanakan

Penyebab keguguran yang utama yaitu kehamilan tanpa adanya perencanaan. Umumnya kondisi tubuh kita memang naik turun, ada kalanya kondisi kita ada dalam keadaan sehat bahkan ada dalam keadaan sakit yang dikarenakan oleh banyak faktor, salah staunya cuaca. Dan inilah yang kerap kali di sepelekan oleh ibu hamil.

Pada dasarnya, ketika keadaan tubuh ada dalam kondisi yang tidak fit dan tidak sengaja ia hamil, maka kondisi kehamilan yang dialami akan sangat rentan mengalami gangguan. Dan jika keadaan tubuh tidak segera pulih, maka kehamilan bisa saja mengalami keguguran.

Rahim yang lemah

Kondisi rahim yang lemah juga bisa menjadi penyebab keguguran pada ibu hamil. Dan hal ini menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan tidak tubuh dengan baik atau bahkan kondisinya akan sangat rentan mengalami keguguran karena tidak di lindungi oleh rahim dengan baik.

Umumnya, pada kondisi ini si ibu tidak akan sadar kalau kandungannya mengalami keguguran. Karena ditandai dengan si janin yang gugur seperti ketika ibu mengalami menstruasi.

Pil kontrasepsi

Jika Anda menggunakan pil kontrasepsi dalam jangka yang cukup lama, biasanya efek dari obat tersebut tidak akan berhenti sampai anda berhenti mengkonsumsinya. Pil jenis ini pastinya akan memberikan efek terhadap tubuh Anda dalam jangka waktu selama 3-4 bulan ke depan.

Tidak sadar

Ketidak tahuan calon ibu terhadap kondisi kehamilannya kerap kali menyebabkan ibu hamil menjadi cerobih serta tidak bisa menjaga kondisi tubuhnya. Jika kondisi kehamilan sangat lemah, maka kehamilan tersebut akan sangat rentan mengalami keguguran.

Jatuh

Jatuh serta tergoncang dengan sangat keras ketika hamil bisa memberikan pengaruh buruk terhadap kehamilan Anda. Bahkan keguguran merupakan konsekuensi terbesar yang nantinya bisa dirasakan oleh ibu hamil ketika terjatuh atau bahkan ketika terjadinya guncangan yang keras.

Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan Anda juga bisa menentukan kondisi kehamilan Anda. Kondisi ini ada yang menyebabkan wanita sulit hamil atau bahkan ada pula yang mempengaruhi kehamilannya tersebut, sehingga wanita hamil akan mengalami keguguran. Misal saja adanya penyakit tokso, rubella, dan penyaki-penyakit lainnya.

Related Posts

Share This