Penyebab Gangguan Pada Mata atau Penglihatan Berkurang Di Usia Muda

Gangguan pada mata bisa terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun melihat fenomena saat ini ternyata banyak orang di usia muda yang justru mengalami gangguan penglihatan. Bahkan saat ini banyak orang di usia 20-an yang mengalami gangguan penglihatan dan memakai kacamata. Hal ini tentunya banyak sekali faktor penyebabnya yang seringkali tidak disadari.

Kemajuan teknologi adalah salah satu hal yang mungkin menyebabkan gangguan pada penglihatan. Fakta yang banyak terjadi dilapangan, pada era modern saat ini banyak sekali anak-anak yang sudah mengenal gadget ataupun PC. Nah, dari kasus ini bisa diambil kesimpulan bahwa salah satu penyebab gangguan penglihatan pada usia muda dipicu oleh kebiasaan buruk sehari-hari dalam menggunakan gadget atau kebiasaan menatap layar komputer.

Berikut Ini Beberapa Penyebab Gangguan Pada Mata Di Usia Muda

Menatap Layar Komputer Sepanjang Hari

Salah satu penyebab penglihatan berkurang yaitu kebiasaan menatap layar komputer seharian. Menurut riset bahwa sebagian besar orang memiliki kebiasaan menghabiskan waktu 400 menit dalam sehari untuk menatap layar komputer, TV, atau bahkan ponsel. Nah, hal inilah yang menyebabkan risiko gangguan pada mata semakin besar. Kebiasaan ini mengakibatkan ketegangan mata digital (digital eye strain atau DES).

Gejala dari DES ini yaitu penglihatan kabur dan mata menjadi lelah. Hal ini karena ketika menatap layar komputer tanpa disadari mata tidak berkedip sehingga hal ini mengakibatkan mata kering dan iritasi. Secara perlahan akan mengakibatkan kerusakan pada mata.

Terlebih lagi jika memiliki kebiasaan bermain gadget sambil tiduran maka akan melemahkan kinerja otot mata dan saraf-saraf pada mata. Lambat laun kebiasaan menatap layar komputer terlalu lama dan bermain gadget bisa mengakibatkan kerusakan pada mata.

Memakai Lensa Kontak Dalam Waktu Lama

Memakai lensa kontak mata sebenarnya bukanlah hal yang baik untuk mata. Jika memakai lensa kontak maka sebaiknya memperhatikan perawatan dan jangka waktu penggunaannya. Jika menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu lama maka sangat berisiko mengakibatkan kerusakan pada mata atau menyebabkan penglihatan berkurang (kabur).

Menggaruk Kornea Mata

Hati-hati jangan menggaruk atau mengucek mata karena bisa merusak pelindung mata atau kornea mata. Jika kornea mata luka maka akan terasa perih, penglihatan kabur, mata seperti berpasir dan kemerahan. Kornea yang tergores bisa disebabkan oleh kebiasaan emngucek mata atau memakai lensa mata terlalu lama.

Menderita Glaukoma

Biasanya glaukoma diderita oleh orang yang berusia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan glaukoma bisa jterjadi di usia muda. Bahkan bayi juga bisa menderita penyakit ini. Penyakit ini terjadi karena penumpukan cairan pada mata sehingga mengakibatkan tekanan yang merusak saraf optik. Yang dikhawatirkan adalah gejala penyakit ini seringkali tidak disadari sehingga daya penglihatan menurun dan bahkan kehilangan kemampuan tersebut.

Nah, demikian beberapa gangguan penglihatan pada usia muda yang sebaiknya dihindari. Bersikap bijaklah dalam menggunakan kecanggihan teknologi masa kini. Batasi penggunaan gadget, jangan terlalu sering menatap layar TV atau komputer. Berikan jeda setiap 2 jam sekali untuk menghindarkan penglihatan dari layar komputer.

Periksa kesehatan penglihatan Anda untuk menghindari penyebab kerusakan daya penglihatan. Selain itu dukung juga dengan asupan makanan yang bergizi untuk mempertajam dan menjaga kesehatan mata. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran. Menjaga kesehatan mata sejak dini sangat bermanfaat untuk kesehatan di usia tua. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517