Penyebab Dasar Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang rentan menyerang siapa saja. Pola hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut. Hal ini karena salah satu penyebab timbulnya dari gangguan asam urat adalah akibat pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur terutama dalam hal konsumsi makanan. Perlu diketahui bahwa munculnya asam urat akibat adanya penumpukan purin yang berasal dari makanan.

Setiap makanan tentunya mengandung zat purin dengan kadar tertentu yang berbeda-beda. Nah, zat purin tersbeut lama kelamaan akan menumpuk jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya dalam keseharian. Awal mula timbulnya asam urat berasal dari penumpukan zat purin yang lama kelamaan membentuk Kristal-kristal asam urat.

Inilah Beberapa Penyebab Dasar Asam Urat

Secara umum penyebab asam urat terbagi dua yaitu asam urat primer dan asam urat sekunder. Beberapa penyebab tersebut tentunya berasal dari hal yang sepele yang kemudian berkembang menjadi gangguan kesehatan yang lebih serius. Kondisi ini sudah pasti membutuhkan perhatian khusus sebelum akhirnya berkembang lebih parah lagi.

Pada dasarnya asam urat bisa dicegah dan diatasi dengan mudah sekali. Hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengambil tindakan atas hal tersebut. Berikut ini sekilas tentang penyebab dasar dari asam urat!

Penyebab Asam Urat Primer

Yang pertama kita akan membahas tentang penyebab asam urat primer. Secara umum timbulnya asam urat ini berkaitan dengan sistem metabolisme didalam tubuh. Asam urat primer ini muncul akibat faktor genetika serta ketidakseimbangfan hormone sehingga menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Dalam hal ini berkaitan erat dengan kinerja ginjal yang mengalami gangguan sehingga pengeluaran zat-zat racun dalam ginjal terganggu. Akibat ginjal tidak bisa bekerja dengan baik maka kondisi ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan purin yang berakhir dengan timbulnya asam urat.

Baca Juga:  Tujuan Program Latihan Pekan 4 Untuk Kanker

Penyebab Asam Urat Sekunder

Selanjutnya ada penyebab asam urat sekunder. Biasanya diakibatkan oleh konsumsi makanan tertentu yang mengandung kadar purin tinggi. Misalnya seperti seafood, durian, jeroan, kacang berlemak, dan lain sebagainya.

Jenis jenis makanan tersebut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan didalam tubuh yang pada akhirnya membangkitkan asam urat. Kondisi ini juga diakibatkan oleh kadar purin tinggi yang tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal.

Sidamping itu ada juga jfaktor lainnya yang menjadi penyebab timbulnya asam urat sekunder yaitu adanya penyakit tertentu di dalam tubuh, Misalnya saja peningkatan purin akibat adanya masalah pada sumsum tulang atau penyakit darah. Hindari untuk menggunakan obat-obatan dalam mengatasi gangguan kesehatan ini sebab bisa meningkatkan jumlah purin didalam tubuh.

Kebiasaan mengkonsumsi minuman berlakohol, penggunaan obat-obatan kanker, kegemukan, penyakit kulit, diabetes, kadar trigliserida tinggi juga menjadi penyebab kuat timbulnya asam urat yang sangat menyiksa.

Nah, demikian beberapa penyebab asam urat baik itu asam urat primer, maupun asam urat sekunder. Pada dasarnya penyebab asam urat adalah hal hal sepele dan merupakan faktor yang sangat mendasar sekali. Dalam hal ini setiap orang bisa menghindarinya jika bisa dengan lebih jeli dan teliti untuk mengatur pola hidup sehat.

Kunci keberhasilan untuk menghindari dan mengatasi asam urat adalah dengan menerapkan pola pola hidup sehat dalam keseharian. Perhatikan pola makan sehat, olahraga dan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517