Penyebab dan Gejala Kanker Rahim

Kanker rahim merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan paling mematikan bagi wanita. Tidak heran jika gangguan kesehatan yang satu ini paling ditakuti oleh semua kalangan wanita di dunia ini. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa lebih dari ribuan wanita didunia yang meninggal akibat penyakit kanker rahim. Minimnya pengetahuan dan kurangnya sosialisasi menjadi salah satu penyebabnya.

Kanker rahim secara umum menyerang bagian organ reproduksi wanita yaitu pada bagian rahim. Terkadang penyakit yang satu ini sulit untuk dideteksi sejak dini tanpa melalui pemeriksaan medis. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker rahim yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin memeriksakan diri ke dokter.

Berikut Penyebab Kanker Rahim

Penyakit kanker rahim tergolong penyakit berbahaya yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Nah, yang mengakibatkan banyaknya terjadi kematian pada wanita yaitu virus HPV dengan tipe 16 dan 18. Perlu Anda ketahui bahwa virus jenis ini sangat mudah menular atau berpindah. Virus tersebut tidak hanya menular lewat cairan akan tetapi bisa melalui sentuhan kulit.

Salah satu contoh penyebaran virus HPV yaitu melalui kamar mandi umum yang tidak bersih. Virus tersebut sangat menyukai tempat kotor dan banyak digunakan seperti WC umum. Ketika wanita menggunakan WC tersebut maka besar kemungkinan sangat beresiko terinfeksi. Nah, dalam hal ini Anda harus lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan WC umum untuk menghindari penularan virus berbahaya tersebut.

Penyebab kanker rahim yang lain yaitu pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok ataupun mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman beralkohol akan membuat penyebaran virus tersebut lebih cepat. Disamping itu, kurangnya asupan vitamin C atau vitamin E memungkinkan penyebaran virus tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin tersebut berperan penting sebagai antioksidan untuk mencegah/menangkal radikal bebas.

Kanker rahim juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan bergonta-ganti pasangan saat mberhubungan intim. Wanita yang menikah mudah dan sudah berhubungan intim di usia terlalu dini yaitu 16 tahun sangat beresiko terjangkit kanker rahim. Anda juga harus berhati-hati dalam penggunaan pil KB. Sebab jika digunakan dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kanker tersebut.

Gejala Kanker Rahim

Pada tahap awal memang kanker irahim sulit untuk terdeteksi. Nah, maka dari itu penting sekali bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan rutin dan test pap smear minimal 2 tahun sekali. Namun berikut ini ada beberapa ciri dan gejala yang bisa Anda kenali.

  1. Keputihan abnormal disertai dengan pendarahan berlebih.
  2. Merasakan sakit ketika melakukan hubungan intim.
  3. Sering menderita sakit pada bagian panggul.
  4. Ketika memasuki siklus menstruasi biasanya darah yang keluar dalma jumlah tidak biasa atau berlebihan.
  5. Sakit ketika buang air kecil.
  6. Pada kondisi yang lebih parah atau stadium lanjut maka akan merasakan gejala seperti nafsu makan menurun, susah buang air kecil, berat badan tidak stabil, sakit pada bagiian paha dan mengalami pendarahan spontan.

Demikian penyebab penyakit kanker rahim yang bisa Anda kenali. Perhatikan kebersihan organ intim Anda dan biasakan untuk menjalani pola hidup sehat.

Related Posts

Share This