Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sering Sakit

Selaku orangtua, Anda tentunya akan merasa khawatir ketika kondisi kesehatan si kecil sering terganggu. Bahkan pada beberapa kasus, ada anak yang gampang sakit. beberapa hari setelah sembuh, si kecil kembali sakit. Meskipun tergolong ringan namun jika hal ini terus menerus terjadi bisa membahayakan tahap tumbuh kembang anak. Penting sekali bagi orangtua untuk mengetahui faktor penyebab anak sering sakit.

Pada dasarnya, kondisi anak sering sakit disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang belum berfungsi dengan baik atau bisa dikatakan masih dalam tahap penyesuaian dengan tumbuh kembang anak. Secara umum anak sering sakit lebih banyak dijumpai ketika berusia 0 -2 tahun. Wajarkah kondisi tersebut jika sering terjadi pada anak? Mari ketahui penyebab dan cara untuk mengatasinya!

Penyebab Si Kecil Sering Sakit

Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab di kecil sering sakit diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Asupan Gizi

Salah satu hal yang menjadi penyebab si kecil sering sakit yaitu kurangnya asupan makanan yang bergizi. Dalam tahap tumbuh kembang, kebutuhan nutrisi harus menjadi perhatian utama. Sebab bagaimanapun makanan yang bergizi akan mempengaruhi kesehatan si kecil. Pada usia 2 tahun, penyebab kurang gizi disebabkan oleh kebiasaan si kecil yang susah makan sehingga hal ini membuat si kecil gampang sakit.

  1. Pengaruh Cuaca

Pergantian musim dan cuaca yang berubah-ubah menjadi salah satu penyebab si kecil sering sakit. Cuaca yang lembab menyebabkan virus dan bakteri lebih mudah untuk berkembang biak. Gangguan kesehatan yang paling umum yaitu flu dan pilek yang berulang pada anak.

  1. Gangguan Imunologis

Penyebab lain si kecil mudah sakit yaitu faktor dan gangguan imunologis bawaan lahir. Hal ini mengakibatkan sistem kekebalan tubuh si kecil menurun dan mudah terinfeksi virus bakteri.

Tips Mengatasi Anak Sering Sakit

  • Imunisasi

Supaya si kecil tidak mudah sakit maka berikan imunisasi wajib. Hal ini berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh si kecil sehingga tidak mudah terserang oleh infeksi penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri berbahaya.

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Ajarkan kebiasaan dan pola hidup sehat pada anak sejak dini. Contohnya yaitu memberikan asupan makanan bergizi, rajin olahraga bersepeda, lari dan aktivitas bersosialisasi dengan teman-temannya. Selain itu, berikan waktu istirahat yang cukup untuk anak.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kondisi kesehatan yang sehat akan membuat sistem kekebalan anak menjadi lebih baik. Jika sistem kekebalan tubuh si kecil kuat maka hal ini akan menghindarkan dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan ASI secara ekslusif 6 bulan dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun. ASI mengandung antibakteri dan antiseptic untuk mencegah berbagai penyakit.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi anak sering sakit. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This