Penyebab Bayi Susah Makan

Memasuki tahap pemberian MPASI, terkadang banyak orangtua yang merasa kerepotan dan menghadapi berbagai macam kendala. Salah satu kendala yang paling lumrah dalam tahap pemberian MPASI yaitu bayi menolak makanan dan selalu menutup mulut ketika makan. Bayi susah makan tentunya menjadi polemik bagi orangtua karena bagaimanapun makanan merupakan faktor penunjang dalam setiap tahap pertumbuhan.

Anak sulit makan secara umum ditandai dengan penolakan yaitu menutup mulut. Kondisi tersebut terkadang membuat orangtua merasa jengkel dan bahkan khawatir. Penyebabnya sangat beragam dan tidak pasti. Namun yang jelas ketika si kecil menolak makan adalah karena bosan dan belum bisa beradaptasi dengan jenis makanan baru.

Anak bayi susah makan dalam tahap awal pemberian MPASI merupakan hal yang wajar. Hal ini sebagai bentuk adaptasi dalam mengenali citarasa makanan baru. Namun kondisi tersebut tidak boleh disepelekan karena bisa berdampak terhadap tumbuh kembangnya.

Rentan waktu penolakan MPASI selama 3 bulan masih dianggap wajar. Akan tetapi jika kondisi tersebut terus berlanjut dan pada usia 9 bulan si kecil masih melakukan penolakan maka hal ini harus segera ditangani dan berkonsultasi dengan dokter.

Faktor Yang Menyebabkan Si Kecil Menutup Mulut Saat Diberikan MPASI

  1. Belum terbiasa dengan tekstru makanan

Salah satu penyebab si kecil menutup mulut dan menolak makanan yaitu karena belum terbiasa dengan tekstur makanan baru. Dalam hal ini si kecil masih beradaptasi dan berusaha mengenali makanan yang lebih padat. Oleh karena itu tahap perkenalan MPASI harus dilakukan secara bertahap dimulai dari makanan yang bertekstur encer hingga padat.

  1. Beradaptasi dengan rasa

Secara umum bayi belum mengenali rasa makanan baru sehingga cenderung melakukan penolakan. Nah, dalam hal ini Anda harus memberikan makanan yang bervariasi sehingga secara tidak langsung si kecil akan berusaha untuk mengenal rasa dari setiap makanan.

  1. Cara memberi makan yang salah

Mengenalkan cara makan yang baik sejak dini sangat penting. Penyebab si kecil menolak makanan adalah karena kebiasaan Anda dalam memberikan makanan masih salah. Perlu Anda ketahui bahwa memberikan makanan sambil jalan-jalan akan membuat si kecil merasa tidak nyaman sehingga menolak.

Cara Mengatasi Penolakan MPASI

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat jadwal makan supaya lebih teratur setiap harinya. Perkenalkan MPASI dengan jadwal teratur dan bertahap. Dengan begitu si kecil akan terbiasa dan merasa lebih nyaman.
  • Cobalah untuk memberikan menu makan yang lebih bervariasi sehingga akan mencegah kebosanan.
  • Jika si kecil meminta ASI sebelum jadwal makanan padat, maka sebaiknya Anda memberika ASI secukupnya dan jangan terlalu kenyang karena bisa menyebabkan penolakan pada makanan padat.
  • Usahakan bahan makanan pendamping ASI lebih bervariasi dan jadwal makan teratur.
  • Sebaiknya dalam memberikan MPASI tidak melibatkan banyak orang sebab hal ini akan berdampak terhadap pola perilaku bayi.

Demikian penyebab dan solusi untuk mengatasi kebiasaan si kecil yang menutup mulut ketika diberikan MPASI. Sebisa mungkin Anda harus mengusahakan supaya si kecil makan teratur untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya sesuai dengan tahapan seharusnya.

Related Posts

Share This