Penyebab Bayi Sering Gelisah Pada Waktu Tidur

Sebagian orangtua mungkin kebingungan ketika melihat kondisi bayi yang gelisah dan tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari. Biasanya bayi menunjukan beberapa gerakan sebagai isyarat ketidaknyamanan yang dirasakannya. Bayi yang tidur gelisah biasanya menunjukan gerakan seperti posisi tidur yang cenderung berubah-ubah, berguling-guling, napasnya tidak teratur dan cenderung tegang. Banyak faktor yang menyebabkan bayi tidak nyaman dan tidur gelisah pada malam hari. Baik itu dari segi faktor kesehatan fisik bayi ataupun yang berkaitan dengan psikologisnya.

Untuk memudahkan Anda dalam menangani bayi yang tidur gelisah pada malam hari sebaiknya mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. Pada umumnya si kecil merasa tidak nyaman pada malam hari bisa saja disebabkan oleh kondisi perut yang lapar ataupun popok yang kotor. Namun disamping itu bisa saja si kondisi kesehatannya sedang terganggu.

Beberapa Penyebab Bayi Sering Gelisah Pada Waktu Tidur

  1. Ruam popok atau popok basah

Faktor penyebab si kecil merasa tidak nyaman dan tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari yaitu kondisi popok yang kotor ataupun ruam popok. Kondisi popok yang kotor dan tidak segera diganti membuat beberapa mikroorganisme berkembangbiak dengan cepat sehingga mengakibatkan iritasi pada kulit. Ruam popok tentunya akan mengganggu kenyamanan dan kualitas tidur si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum Anda meninggalkan si kecil tidur pada malam hari pastikan terlebih dahulu kebersihan popoknya.

  1. Si kecil lapar

Haus dan lapar menjadi salah satu penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak dan cenderung gelisah. Bayi yang tidak cukup mendapatkan makanan sebelum tidur senantiasa rewel dan sering terbangun. Maka dari itu sebelum si kecil tidur pastikan dalam keadaan kenyang. Berikan makan dan minum 1 jam sebelum tidur dengan porsi makan yang cukup sehingga pada waktu tidur bayi tidak akan sering terbangun karena kelaparan.

  1. Kondisi kesehatan terganggu

Kesulitan tidur nyenyak yang dialami oleh bayi bisa saja disebabkan oleh kondisi kesehatannya yang terganggu. Salah satu penyakit ringan yang sering terjadi pada bayi yaitu flu atau demam. Gangguan kesehatan ini biasanya mengakibatkan hidung si kecil tersumbat sehingga mengganggu kenyamanan pada waktu tidur. Untuk mengatasi hal tersebut pastikan bayi tidur dengan posisi yang benar yaitu bagian kepala lebih tinggi dari kaki. Selain itu, keluarkan lendir yang menyumbat hidung si kecil dengan cara di sedot menggunakan penyedot khusus untuk bayi.

  1. Akibat kolik

Faktor lain yang mengganggu kenyamanan tidur bayi pada malam hari yaitu bayi mengalami kolik. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh bayi pada bulan-bulan pertama setelah kelahirannya. Bayi akan cenderung terlihat gelisah dan seperti meringis kesakitan yang diakibatkan oleh kondisi perut kembung. Solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung gas pada waktu menyusui. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu akan terserap oleh bayi melalui ASI sehingga derdampak terhadap kesehatannya. Hindarilah makanan-makanan yang bisa mengganggu kesehatan si kecil pada waktu menyusui.

Nah itulah beberapa faktor yang menyebabkan si kecil terlihat gelisah dan tidak mendapatkan tidur nyenyak pada malam hari. Dengan mengetahui penyebabnya maka akan memudahkan Anda dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahn tersebut. Pada dasarnya untuk membuat bayi merasa nyaman pada waktu malam hari adalah dengan menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.

Related Posts

Share This