Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi terkait penyebab anemia pada ibu hamil. Ketika menjalani masa kehamilan, biasanya seoarng ibu hamil kerap kali mengalami keluhan, dan salah satunya yaitu anemia yang dirasakan semasa kehamilan. Ketika anemia menyerang kehamilan, maka hal ini menandakan bahwa darah ibu hamil tidak memiliki asupan sel darah merah yang cukup, terutama untuk membawa juga mengantarkan sejumlah oksigen ke dalam jaringan, mengapa? Karena semasa kehamilan, tubuh ibu hamil akan menyangga pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan, sehingga tubuh si ibu akan sangat membutuhkan lebih banyak sel darah merah yang dibutuhkan agar tubuh tetap dalam keadaan sehat.

penyebab anemia pada ibu hamil

Penyebab anemia pada ibuh hamil yaitu menurunnya hemoglobin yang ada di dalam darah.  Hemoglobin ini memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam proses tansportasi oksigen ke dalam jaringan tubuh. Selama proses kehamilan pada ibu hamil, maka akan terjadi sebuah peningkatan volume darah, dan hal inilah yang bisa membuat hemoglobin yang ada di dalam darah menjadi menurun. Sedangkan tuntutan dari perkembangan janin akan membuat kebutuhan zat besi yang ada di dalam tubuh menjadi semakin meningkat.

Zat besi ini merupakan mineral yang mana memiliki peranan yang sangat penting dalam memproduksi sel darah merah. Sebelum wanita menjalani masa kehamilannya, seorang wanita biasanya akan membutuuhkan sekitar 15b milligram zat besi di setiap harinya. Dan sangat berbeda dengan ibu hamil, yang memang membutuhkan dua kali jumlah zat besi tersebut, yaitu sekitar 30 mg perharinya.

Anemia pada kehamilan terjadi bukan hanya karena kurangnya zat besi dalam tubuh, namun anemia yang terjadi pada ibu hamil juga disebabkan oleh adanya jumlah darah yang berlebihan, seperti adanya akibat dari pendaharan yang terjadi karena cedera atau bahkan suatu pembedahan. Akan tetapi, pada ibu hamil, kekurangan zat besi pada tubuh merupakan satu penyebab anemia yang paling umum terjadi.

Pada umumnya, banyak diantaranya wanita yang masih di usia subur tidak mendapatkan cukup banyak zat besi, bahkan di saat mereka tengah hamil. Wanita akan kehilangan zat besi yang bersamaan dengan darah serta jaringan yang keluar ketika mereka menstruasi, dan itulah salah satu alasan mengapa seoarng wanita sangat rentan terkena anemia.

Seoarng ibu hamil yang memang memperoleh perawatan prental serta rutin mengkonsumsi suplemen zat besi selama ia menjalankan masa kehamilannya, maka biasanya ibu hamil tersebut akan terhindar dari masalah anemia yang memang disebabkan oleh kurangnya zat besi yang ada di dalam tubuh.

Anemia pada ibu hamil akan terjadi ketika masa kehamilan, dan hal ini akan membuat ibu hamil menjadi cepat lelah juga stress, sehingga bisa membuat seorang ibu hamil menjadi rentan terhadap berbagai macam penyakit. Akan tetapi, biasanya hal ini tidak akan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517