Penyakit Organ Intim Paling Bahaya Pada Wanita

Organ intim wanita adalah salah satu bagian yang paling sensitif dan rentan terkena penyakit. Kebersihan organ intim harus senantiasa di jaga supaya tetap sehat dan terhindar dari infeksi bakteri ataupun jamur. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan organ intim yaitu menerapkan kebiasaan baik dengan mencuci area tersebut dengan benar setelah buang air. Selain itu, disarankan untuk menggunakan celana dalam yang berbahan dasar katun supaya bisa menyerap keringat yang bisa memicu penyakit pada organ intim wanita.

Dalam menjaga kebersihan organ intim sebaiknya Anda tidak menggunakan sabun pembersih yang mengandung bahan kimia. Hal ini karena sabun pembersih yang digunakan secara terus menerus akan mengganggu keseimbangan pH vagina sehingga membunuh mikroorganisme baik. Selain itu, sabun antiseptik yang digunakan sangat beresiko mengakibatkan iritasi pada area kulit vagina dan menimbulkan penyakit pada wanita.

Waspadai Beberapa Penyakit Organ Intim Pada Wanita Berikut Ini

  1. Keputihan

Salah satu penyakit paling bahaya pada wanita yaitu keputihan yang abnormal. Pada dasarnya setiap wanita pasti mengalami keputihan dan kondisi tersebut adalah hal yang wajar. Namun keputihan ada dua jenis yaitu keputihan yang normal dan abnormal. Secara umum, keputihan yang bersifat normal ditandai dengan keluarnya cairan bening dan tidak berbau. Sedangkan keputihan yang abnormal menunjukan gejala yang sedikit berbeda yaitu cairan yang keluar berwarna kuning kehijauan, lebih pekat dan mengeluarkan bau busuk.

Keputihan yang abnormal biasanya diakibatkan oleh infeksi jamur dan bakteri. Kondisi seperti ini harus segera diatasi karena bisa membahayakan kesehatan organ reproduksi dan bahkan bisa mengakibatkan gangguan pada sistem reproduksi wanita. Kondisi yang lebih serius bisa mengakibatkan kemandulan atau sulit untuk mempunyai keturunan.

  1. Bartholinitis

Penyakit yang satu ini merupakan infeksi di area salah satu kelenjar bartholin, yaitu pada bagian dasar labia. Penyebabnya yaitu infeksi dari bakteri akibat permukaan vagina yang lembab dan kotor. Penyakit yang satu ini tidak akan menular ketika melakukan hubungan intim. Perlu Anda ketahui bahwa bartholin merupakan cairan pelumas pada vagina. Gajala bartholinitis yaitu terjadi pembengkakan pada vagina dan terasa nyeri ketika di sentuh. Selain itu, penderita juga akan mengalami demam. Penyakit ini harus segera diatasi karena jika dibiarkan bisa mengakibatkan kista bartholin.

  1. Trikomoniasis

Penyebab penyakit yang satu ini yaitu kelompok protozoa. Penularan penyakit yang satu ini bisa terjadi melalui hubungan seksual. Penyakit ini menyerang organ intim wanita sehingga sangat berbahaya apabila tidak segera dilakukan penanganan dengan baik. Gejala dari penyakit ini yaitu warna vagina terlihat kekuning-kuningan atau kehijau-hijauan, mengeluarkan bau yang tidak sedap dan mengeluarkan buih atau busa. Lebih tepatnya dinding vagina akan terlihat kemerah-merahan atau sembab. Sebaiknya jika Anda menderita gangguan seperti ini segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

  1. Kandidiasis

Penyakit paling bahaya pada wanita yang selanjutnya yaitu kandidiasis. Penyebabnya yaitu infeksi jamur candida. Faktor pemicu munculnya jamur kandidiasis adalah kebiasaan mengkonsumsi antibiotik dan obat-obatan yang dapat mengganggu keseimbangan pH pada vagina. Jamur candida tidak hanya menyerang vagina, namun dalam kondisi yang lebih parah bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain seperti mulut dan paru-paru. Gejala yang terlihat pada vagina yaitu muncul bintik-bintik merah dan busa pada mulut vagina.

  1. Kanker serviks

Penyakit yang satu ini sudah tidak asing lagi dan paling ditakuti oleh wanita. Kanker serviks adalah salah satu penyakit kelamin yang mematikan. Penyebab penyakit ini yaitu Human Pappiloma Virus (HPV) yang menginfeksi leher rahim. Biasanya infeksi bakteri tersebut dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, kekurangan asupan nutrisi dan mengabaikan kebersihan organ intim. Gejala yang muncul yaitu keputihan abnormal yang terjadi secara berlebihan, menstruasi tidak teratur, mengeluh sakit pada waktu kencing atau berhubungan intim dan kondisi yang lebih parah menunjukan gejala nafsu makan berkurang serta terjadi penurunan berat badan.

Itulah sekilas tentang penyakit berbahaya pada organ intim wanita. Penyakit tersebut sangat mudah untuk dicegah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan organ intim.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517