Penyakit Menular Yang Biasa Menyerang Anak-Anak

Orangtua akan merasa khawatir ketika anak-anak sering sakit. Kondisi tersebut terkadang membuat mereka kebingungan dalam menanganinya. Anak-anak sangat rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah dan belum sempurna. Selain itu, kondisi cuaca yang tidak menentu dan lingkungan tempat bermain anak yang kotor merupakan faktor penyebab anak sering terkena infeksi penyakit.

Penyakit Menular Yang Biasa Menyerang Anak-Anak

Penyakit menular pada anak-anak terkadang tidak dapat dihindari dan tidak tahu kapan akan menginfeksi. Akan tetapi, bisa dilakukan pencegahan dengan mengajarkan kebiasaan hidup bersih pada anak sejak dini. Pada kesempatan ini kita akan berbagi informasi mengenai jenis penyakit menular yang biasa menyerang anak-anak.

Flu dan pilek

Flu merupakan salah satu penyakit menular yang sangat rentan menyerang anak-anak. Penyakit ini biasanya terjadi pada musim penghujan ataupun pada peralihan musim. Gejala flu pada anak-anak biasanya ditandai dengan sakit tenggorokan, demam, batuk pilek dan anak akan menggigil. Flu pada anak-anak akan sembuh dengan sendirinya. Anda cukup memberikan vitamin dan menyuruh anak untuk beristirahat.

Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit menular pada anak yang diakibatkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan. Biasanya batuk terjadi setelah anak terkena flu.

Cacar air

Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit menular yang diakibatkan oleh kelompok virus herpes. Gejala cacar air pada anak biasanya ditandai dengan bintik-bintik merah pada kulit dan mengalami demam. Cacar air biasanya menular melalui udara ataupun pakaian milik penderita. Dalam penanganan cacar air sebaiknya anak jangan dibiarkan bermain diluar rumah dan berikan vitamin C.

Demam

Demam tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, akan tetapi anak-anak juga sangat rentan mengalami demam. Penyebab dari demam adalah infeksi virus dan bakteri. Jenis demam yang paling berbahaya yaitu demam berdarah yang diakibatkan oleh infeksi virus dengue melalui gigitan nyamuk aedes aegepty. Untuk mencegah terjadinya demam berdarah pada anak-anak sebaiknya anda menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal supaya nyamuk aedes aegepty tidak akan mudah berkembang.

Penyakit cacingan

Anak-anak sangat rentan terkena penyakit cacingan. Penyakit ini biasanya menular pada anak melalui tangan yang kotor dan tidak membiasakan mencuci tangan sebelum makan. Selain itu, cacing bisa masuk ke dalam tubuh anak melalui makanan yang tidak bersih dan tidak diolah dengan benar. Untuk mencegah anak tertular penyakit cacingan sebaiknya anda menerapkan kebiasaan baik pada anak seperti mencuci tangan memakai sabun sebelum makan dan sesudah buang air.

Salesma

Salesma memang bukan merupakan penyakit yang berat dan berbahaya, akan tetapi penyakit ini akan mengganggu kenyamanan anak dalam beraktivitas. Anak yang terkena salesma akan menunjukan gejala seperti ingusan, sakit kepala, demam dan batuk. Salesma mudah menular pada anak-anak ketika bermain dan kontak langsung dengan teman yang sakit.

Tifus

Penyakit tifus adalah penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada usus yang disebabkan oleh bakteri. Anak yang terkena tifus biasanya akan terlihat tidak bergairah, demam dan lemas. Apabila anak anda mengalami demam tinggi dalam beberapa hari sebaiknya segera dibawa ke dokter karena dikhawatirkan akan terjadi gejala yang lebih parah. Tifus sangat mudah menular melalui makanan yang tidak higienis.

Itulah beberapa jenis penyakit ringan yang sering menular pada anak-anak. Penyakit tersebut bisa dicegah dengan menerapkan kebiasaan hidup bersih dilingkungan keluarga dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Selain itu, berikan asupan makanan yang bergizi bagi anak-anak supaya daya tahan tubuhnya mampu melawan berbagai macam infeksi virus.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517