Penyakit Meningitis Pada Anak

Penyakit meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian membran meninges yang melindungi serta mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa akan tetapi bisa menyerang anak-anak. Penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya apabila tidak segera mendapat penanganan.

Penyakit Meningitis Pada Anak

Meningitis termasuk ke dalam kategori penyakit yang menular. Penularan penyakit ini bisa melalui ludah ataupun ingus anak yang akan di tularkan ketika anak bersin dan tertawa sehingga virus tersebut terhirup ketika orang lain bernapas. Selain itu, penularan meningitis bisa melalui makanan atau minuman serta peralatan yang dipakai oleh penderita penyakit ini. Apabila penyakit ini dibiarkan maka akan mengakibatkan gangguan mental dan kelumpuhan pada anak-anak.

Penyebab Meningitis Pada Anak

Meningitis adalah penyakit yang sangat berbahaya yang menginfeksi selaput otak dan bahkan merusak otak. Penyebab utama dari meningitis adalah mikroorganisme yang sangat mudah dan ganas dalam menyebar dan menginfekasi selaput otak.

Meningitis bakteri. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri memang dapat diobati dengan menggunakan antibiotik akan tetapi penyakit ini akan berdampak pada kerusakan otak. Pada kebanyakan kasus, meningitis ini sangat umum terjadi pada anak sehingga menyebabkan kelumpuhan, kerusakan otak, gangguan mental dan tuna ganda. Pencegahan meningitis sebenarnya bisa dilakukan sejak masih bayi melalui vaksin prevnar.

Meningitis viral. Penyakit meningitis viral disebabkan oleh virus yang menginfeksi anak-anak. Penderita meningitis viral tidak membutuhkan perawatan khusus. Penyakit ini akan hilang dalam rentan waktu 7 – 10 hari dengan  meningkatkan sistem imunitas tubuh. Akan tetapi apabila penyakit ini tak kunjung sembuh dalam rentan waktu tersebut dan keadaan mulai memburuk maka segera lakukan penanganan oleh dokter.

Gejala Meningitis Pada Anak

Anak yang menderita penyakit meningitis akan mengalami gangguan kesehatan sebagai gejala adanya penyakit tersebut. Gejala yang ditunjukan hanya berupa penyakit ringan sehingga kadang banyak yang tidak menyadarinya. Berikut ada beberapa gejala meningitis yang terjadi pada anak-anak:

Anak merasa pusing. Seorang anak yang terkena infeksi bakteri meningitis akan merasakan pusing yang disertai rasa sakit. Hal ini diakibatkan oleh adanya peradangan pada lapisan otak yang terinfeksi.

Demam tinggi. Gejala lain dari meningitis ketika menginfeksi anak-anak yaitu demam. Anak akan terkenan demam yang  disertai flu dan batuk-batuk. Selain itu, anak akan mengalami muntah-muntah dan diare. Kondisi tersebut terjadi akibat dari bakteri yang sedang berinkubasi.

Leher anak terasa nyeri dan kaku. Anak yang terkena penyakit meningitis akan mengeluhkan nyeri pada bagian belakang leher. Ketika anak menunduk maka rasa sakit tersebut akan semakin parah. Selain itu, anak akan merasa kaku pada bagian leher. Gejala ini sepintas hanya nyeri biasa akan tetapi ini gejala yang bisa sangat berbahaya apabila tidak segera dilakukan pemeriksaan ke dokter.

Nafsu makan anak menurun. Akibat dari infeksi penyakit ini menyebabkan anak kehilangan nafsu makan. Sehingga berat badan anak akan menurun dan terjadi perubahan warna kulit. Kadang gejala lain yang terjadi adalah menyebabkan anak menjadi kejang-kejang.

Pencegahan Meningitis Pada Anak

Mencegah meningitis pada anak bisa dilakukan ketika masih bayi dengan pemberian vaksin atau imunisasi. Selain itu, Anda juga bisa menjaga anak Anda supaya tidak ada kontak dengan penderita meningitis. Pencegaha juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat kepada anak-anak.

Penyakit meningitis ringan akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan pengobatan, akan tetapi apabila meningitis tidak segera ditangani dan dibiarkan begitu saja maka akan sangat berbahaya bagi anak. Untuk mencegah hal yang semakin buruk terjadi, sebaiknya ketika gejala atau tanda-tanda meningitis terjadi pada anak, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517