Penyakit Kulit Impetigo Pada Anak

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat rentan sekali terserang berbagai macam penyakit. Hal ini terjadi karena sistem imun pada anak yang masih belum sempurna. Salah satu penyakit yang rentan menyerang anak-anak yaitu penyakit kulit impetigo. Penyakit kulit impetigo merupakan infeksi yang terjadi pada permukaan kulit akibat dari infeksi bakteri dan jenis penyakit kulit ini menular. Impetigo bisa menyerang  semua bagian tubuh anak-anak. Gejala awal impetigo di tandai dengan luka melepuh pada bagian muka atau daerah sekitar mulut.

Penyakit Kulit Impetigo Pada Anak

Penyebab Impetigo

Bakteri penyebab impetigo yaitu streptococcus dan staphylococcus. Bakteri jenis ini bisa hidup lebih lama pada kulit dan masuk ke dalam kulit melalui luka. Racun yang dikeluarkan oleh bakteri ini akan menyebabkan impetigo menyebar ke bagian lainnya. Sasaran utama dari racun bakteri jenis ini adalah menyerang protein yang mengikat sel kulit. Ketika struktur protein tersebut sudah rusak maka dengan cepat bakteri tersebut akan menyebar.

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya impetigo yaitu melalui kontak langsung atau sentuhan kulit dan melalui barang yang bersentuhan dengan penderita impetigo. Ketika anak Anda memiliki luka, maka akan sangat mudah terserang infeksi impetigo. Selain itu, riwayat diabetes pada anak akan sangat berpotensi terkena penyakit kulit tersebut.

Jenis-Jenis Impetigo

Bullous impetigo. Jenis impetigo ini tidak menimbulkan rasa sakit tapi akan menyebabkan kulit melepuh dan berisi cairan. Biasanya impetigo jenis ini menyerang anak yang berusia di bawah 2 tahun dan sangat sulit untuk sembuh sehingga menimbulkan korengan pada anak. bagian tubuh yang sangat mudah terserang impetigo jenis ini adalah lengan, badan dan kaki.

Impetigo contagiosa. Pada impetigo jenis ini, luka yang ditimbulkan akan cepat pecah dan mengeluarkan cairan yang bercampur dengan nanah. Bagian yang pertama kali terkena impetigo jenis ini adalah pada bagian wajah. Luka kemerahan akan timbul pada wajah yang kemudian menyebar ke area sekitar bibir dan hidung. Impetigo contagiosa akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening tetapi tidak akan menimbulkan demam pada penderita.

Ecthyma. Impetigo jenis ini akan menimbulkan luka yang terasa sakit dan mengeluarkan cairan bernanah. Selain itu, seperti halnya impetigo contagiosa, ecthyma juga akan menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala Impetigo Pada Anak

Meskipun impetigo bukan merupakan suatu penyakit yang bisa sangat fatal terhadap anak. Akan tetapi apabila impetigo dibiarkan dan tidak segera mendapat penanganan maka hal ini akan sangat berpengaruh dan berbahaya bagi kesehatan anak. Gejala awal anak yang terkena impetigo yaitu adanya luka merah pada area wajah dan kemudian menyebar ke sekitar mulut dan bagian hidung. Lama kelamaan luka tersebut akan pecah dan mengelaurkan nanah.

Secara umum, anak yang terkena impetigo yaitu adanya bintik-bintik kecil berwarna merah pada bagian muka dan tangan. Lama kelamaan kulit yang terasa sakit akan melepuh disertai cairan yang mengandung nanah dan akan terasa sangat gatal. Selain itu, anak yang menderita impetigo akan mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening dan impetigo tersebut akan menjalar ke semua bagian tubuh.

Pencegahan dan Pengobatan Impetigo

Impetigo bisa di cegah dengan memperhatikan dan memelihara semua aspek kebersihan. Ajarkan kebiasaan hidup bersih pada anak mulai dari membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun sampai pada kebersihan semua anggota badan, pakaian dan lingkungan tempat tinggal. Bersihkan atau potong kuku anak Anda ketika mulai panjang supaya tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Selain itu, hindari menyentuh bagian wajah atau hidung ketika tangan anak Anda dalam keadaan kotor sebab hal itu bisa menjadi awal munculnya impetigo.

Apabila anak Anda mengalami luka pada anggota badannya, maka segera bersihkan supaya luka tersebut tidak terinfeksi oleh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit impetigo. Bagi penderita impetigo sebaiknya barang-barang yang dipakai dipisahkan dan dibersihkan dengan cara direndam dalam air panas. Meskipun impetigo akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi alangkah lebih baik jika segera melakukan pengobatan ke dokter untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517