Penyakit Kista Sebabkan Keguguran, Apakah Benar?

Ketika penyakit kista terjadi pada kehamilan, pastinya hal tersebut menjadikan satu permasalahan pada ibu hamil. Perlu di ketahui, bahwa gejala penyakit kista ini sangat sulit untuk di bedakan dengan adanya gangguan normal lainnya, bahkan penyakit kista juga kerap terjadi pada ibu hamil. Penyakit kista ini terjadi karena adanya proses pembengkakan yang terjadi karena adanya kantung kecil yang berisikan cairan. Cairan tersebut bisa berupa nanah atau bahkan bentuk cairan lainnya. Kista yang terjadi pada wanita hamil umumnya merupakan jenis corpus luteal cyst atau kista korpus luteus.

bahaya kista

Penyakit kista pada ibu hamil pada awalnya tidak akan membahayakan dan tidak adanya akibat penyakit kista, bahkan penyakit kista akan muncul pada ibu hamil diakibatkan adanya sejumlah sel telur yang keluar dari ovarium serta melebar bersama sperma. Karena adanya ruang kosong, maka hormon human chorionic gonadotropin yang ada di dalam ovarium berubah menjadi kista. Namun pada kasus lainnya yang terjadi, penyakit kista ini akan terus membesar bahkan bisa menyerupai bola golf, bahkan bisa menimbulkan kecemasan tersendiri bagi ibu hamil yang mengalaminya. Bahkan penyakit kista yang terjadi pada ibu hamil ini di khawatirkan bisa mengganggu kesehatan ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan jika ukurannya semakin membesar.

Ketika masa kehamilan, penyakit kista bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Kista yang disebabkan secara alami (fisiologis)
  2. Kista yang disebabkan karena keadaan tidak normal (patologis)

Bahaya kista saat hamil tidak selamanya terjadi pada ibu hamil, karena kista ini akan mengalami penusutan ukuran disektra minggu ke sepuluh bahkan bisa hilang dengan sendirinya di minggu keenam belas masa kehamilan. Kista yang memang terbentuk ketika hamil ini tidak akan membahayakan bagi ibu hamil atau bahkan janin yang ada di dalam kandungan. Namun tidak menutup kemungkinan kista yang dialami oleh ibu hamil bisa menimbulkan rasa sakit yang memang disebabkan oleh keram di bagian perut serta rasa mules. Berdasarkan hasil dari para dokter, secara alami kista yang terjadi pada ibu hamil tidak akan memberikan pengaruh yang besar terhadap janin, karena janin akan berpotensi tumbuh dengan baik juga sehat walaupun kista tumbuh pada ibu hamil.

Kista yang membahayakan ibu hamil itu dikarenakan adanya perubahan sejumlah sel yang memang sangat beresiko menyebabkan keguguran pada kehamilan. Dan hal ini sebaiknya ibu hamil melakukan deteksi dini pada awal kehamilan secara akurat. Ibu hamil bisa melakukan USG, dengan melakukan cara ini ibu hamil bisa mengetahui diameter dari kista jenis patologis yang tumbuh di dalam tubuh ibu hamil. Jika kista yang ditemukan di dalam tubuh memiliki ukuran lebih dari 5 cm, maka diperkirakan akan mengganggu masa kehamilan Anda. Kista yang memang berasal dari rongga panggul ini seperti memiliki akar, sehingga kista ini bisa memicu komplikasi torsi. Bahkan perkembangan komplikasi ini bisa mengalami tingkatan yang serius di usia kehamilan yang memasuki minggu ke 10-15.

Untuk gejala penyakit kista ini, biasanya ibu hamil yang menderita kista jenis ini akan mengalami neyri di bagian perut bawah, mual-mual, bahkan munculnya demam ringan. Nah, pada kondisi tertentu jika kista pecah, maka ibu hamil yang menderita kista akan mengalami muntah yang disertai dengan rasa nyeri yang memang tidak bisa ditahan di bagian bawah perut. Biasanya gejala penyakit kista ini hampir sama dengan adanya ruptur kehamilan ektopik, yakni proses kehamilan yang berada di luar kandungan. Dan bahaya dari jenis kista ini yaitu adanya gangguan pada janin, sehingga bisa menghambat pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan menjadi terganggu hingga bisa mengakibatkan kematian janin di dalam rahim. Guna mencegah hal yang tidak di inginkan, maka Anda disarankan untuk memeriksakan kandungan Anda secara rutin, apalagi jika terjadi masalah-masalah selama masa kehamilan, dan segeralah konsultasikan kepada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517