Penyakit Hepatitis A Pada Anak-anak

Anak-anak sangat rentan sekali terserang berbagai macam penyakit. Sistem daya tahan tubuh yang belum cukup kuat dan sempurna membuat anak-anak sering sakit. Mulai dari penyakit yang ringan dan bahkan anak-anak bisa terserang oleh penyakit yang sangat berbahaya. Salah satu penyakit yang rentan sekali menyerang anak-anak adalah hepatitis A. Penyakit hepatitis merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi orang dewasa dan anak-anak. Hepatitis pada anak-anak akan sangat berbahaya karena penyakit ini sangat berpotensi dalam menyerang dan merusak organ.

Penyakit Hepatitis A Pada Anak-anak

Penyakit hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang sering ditemui pada anak-anak. Hepatitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati. Apabila peradangan sudah menjalar maka penyakit ini akan merusak semua organ hati. Hepatitis A termasuk ke dalam penyakit akut yang tidak akan berkelanjutan karena sistem kekebalan tubuh anak bisa melawan virus tersebut. Akan tetapi apabila sistem imun lemah maka virus terebut akan dengan sangat mudah menyerang dan menyebabkan hepatitis yang parah.

Penyebab dan Gejala Hepatitis A Pada Anak

Virus yang menyebabkan penyakit tersebut pada anak adalah virus hepatitis A atau VHA. Penyebaran hepatitis pada anak-anak bisa melalui makanan, minuman atau benda yang bersentuhan dengan mulut yang tercemar oleh virus hepatitis tersebut. Kebiasaan anak yang jajan atau makan sembarangan sangat rentan terinfeksi oleh virus hepatitis A. Selain itu, jenis virus hepatitis A ini juga bisa menyebar melalui kotoran anak yang menderita penyakit tersebut. Keadaan lingkungan yang kurang bersih dan tidak sehat juga akan memicu penyebaran virus tersebut.

Gejala yang timbul pada anak yang menderita hepatitis A yaitu merasa lemas, mual disertai muntah dan demam. Virus hepatitis A yang disebarkan melalui makanan sehingga menyebabkan anak sakit perut dan mengalami masalah pencernaan. Selain itu, nafsu makan pada anak akan berkurang dan anak akan mengalami sakit kuning (kulit berwarna kuning) sebagai akibat dari adanya fungsi hati yang terganggu. Semua gejala yang dirasakan tersebut merupakan suatu respon dari sistem kekebalan tubuh anak yang berusaha melawan virus.

Mencegah Hepatitis A Pada Anak

Memberikan imunisasi atau vaksin hepatitis A. Pemberian imunisasi atau vaksin hepatitis A secara rutin sesuai petunjuk dokter akan membuat sistem kekebalan tubuh anak semakin kokoh dan terhindar dari infeksi virus berbahaya seperti virus hepatitis A.

Menjaga kebersihan. Penyebaran virus hepatitis A bisa melalui makanan, minuman serta lingkungan yang kotor. Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, ajarkan kebiasaan untuk hidup sehat pada anak-anak mulai dari mengajarkannya kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh makanan dan setelah buang air. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko anak terkena virus yang berbahaya.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran virus melalui makanan, maka ketika Anda mengolah makanan sebaiknya lakukan dengan benar supaya kebersihan makanan untuk anak Anda benar-benar terjaga. Biasakan juga suapaya anak tidak jajan sembarangan, alangkah lebih baiknya kalau Anda memberinya bekal ketika anak pergi ke sekolah.

Berikan gizi yang seimbang. Infeksi virus akan sangat mudah pada anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk menjaga supaya sistem kekebalan tubuh anak Anda tetap bekerja dengan baik, maka sangat penting untuk memberinya asupan makanan yang memiliki gizi seimbang.

Menjaga semua apek kebersihan dan menerapkan gaya hidup sehat pada anak akan membuat sistem kekebalan tubuh anak tidak akan rentan terserang oleh infeksi virus. Apabila anak Anda terlihat adanya gejala dari infeksi virus hepatitis A maka sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan supaya virus tersebut tidak menyebar. Penanganan dokter akan membantu dalam mengatasi hal yang lebih buruk terjadi pada anak.

Related Posts

Share This