Penyakit Cacingan Pada Anak-anak

Menjaga dan merawat kesehatan anak-anak memang tidak mudah. Sistem kekebalan anak-anak masih sangat lemah sehingga sangat rentan sekali terserang berbagai macam infeksi virus dan bakteri. Salah satu penyakit yang biasa menyerang anak-anak pada masa pertumbuhannya adalah penyakit cacingan. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya apabila dibiarkan karena akan mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Cacingan pada anak-anak disebabkan oleh cacing parasit seperti cacing pita, cacing tambang dan cacing kremi yang masuk ke dalam tubuh anak melalui makanan ataupun benda yang disentuh anak-anak ketika bermain.

Penyakit Cacingan Pada Anak-anak

Penyakit cacingan kadang sering diangggap penyakit yang sepele oleh sebagian orang, padahal penyakit cacingan ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan anak-anak. apabila penyakit ini tidak segera ditangani maka akan menyebabkan penyakit lain seperti anemia, berat badan anak turun drastis, anak akan malas beraktivitas karena badannya lemas dan akan menurunkan tingkat kecerdasan anak-anak.

Pertumbuhan dan perkembangan anak yang terkena cacingan tidak akan optimal. Hal ini dikarenakan cacing akan menyerap semua nutrisi yang ada di dalam sistem pencernaan dan sel darah anak. Cacing akan terus berkembangbiak di dalam tubuh sehingga hal ini mneyebabkan berat badan anak turun. Selain itu, nafsu makan anak juga akan menurun dan anak akan cenderung tidak mau makan.

Cacing masuk kedalam tubuh anak-anak bisa melalui berbagai cara yaitu cacing gelang biasanya masuk ke dalam tubuh anak-anak melalui makanan, begitupun dengan cacing cambuk juga bisa masuk ke tubuh anak melalui makanan yang terinfeksi telur cacing tersebut. Selain itu, cacing tambang biasanya masuk ke dalam tubuh anak-anak melalui kulit dan makanan.

Faktor yang membuat seorang anak mudah terinfeksi berbagai jenis cacing adalah kebersihan lingkungan, keadaan iklim yang tropis, kebersihan tubuh dan makanan serta faktor ekonomi keluarga yang menyebabkan anak kekurangan nutrisi untuk menunjang sistem kekebalan tubuhnya.

Gejala cacingan pada anak-anak

Anak yang terkena penyakit cacingan akan terlihat lesu dan lemas. Hal ini disebabkan oleh darah yang berkurang karena dihisap oleh cacing tambang. Pertumbuhan cacing yang semakin banyak di dalam tubuh anak juga akan menyebabkan berat badannya berkurang dan turun drastis karena semua makanan diserap oleh caing tersebut. Selain itu, anak yang terkena cacingan juga akan mengalami diare yang disebabkan oleh cacing yang mengganggu sistem pencernaan.

Infeksi cacing pada anak-anak menyebabkan kekurangan gizi yang akan berakibat pada penurunan sistem kekebalan tubuh anak. Kondisi seperti ini akan sangat rentan sekali menyebabkan seorang anak akan terinfeksi penyakit lain karena  sistem kekebalan tubuh anak tidak akan mampu lagi untuk menangkal serangan penyakit.

Cara untuk mencegah infeksi cacing pada anak-anak

Penyakit cacingan pada anak-anak bisa dicegah dengan membiasakan hidup bersih. Ajarkan agar anak-anak senantiasa menjaga kebersihan dirinya dan barang yang dipakainya. Kebiasaan tersebut bisa dimulai dengan mengajarkan anak suapaya mencuci tangan dengan sabun stelah bermain dan sebelum makan serta setelah buang air.

Ketika akan bermain di halaman rumah, biasakan supaya anak menggunakan alas kaki karena infeksi cacing bisa melalui kulit. Selain itu, jaga kebersihan dan potong kuku anak apabila sudah panjang karena telur cacing bisa terbawa lewat kuku ketika anak bermain dan terkena tanah. Perhatikan juga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi oleh Anda sekeluarga, cucilah terlebih dahulu sayuran ataupun jenis makanan lain sebelum dimasak supaya kotoran ataupun telur cacing yang melekat pada makanan akan hilang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517