Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya

Kebutuhan nutrisi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan bisa tercukupi melalui ASI. Menginjak usia 6 bulan keatas, kebutuhan nutrisi tidak lagi sepenuhnya bisa tercukupi hanya dari ASI saja, melainkan harus didukung oleh asupan makanan yang bergizi. Kebutuhan nutrisi anak dalam setiap tahap tumbuh kembangnya berbeda.

Orangtua hendaknya mengetahui kebutuhan nutrisi anak dalam setiap tahap perkembangannya. Hal ini akan memudahkan untuk memberikan asupan makanan apa saja untuk si kecil tanpa khawatir kebutuhan nutrisinya otidak terpenuhi. Umumnya jenis nutrisi yang harus tercukupi dalam tiap tahap perkembangan anak yaitu dari kelompok vitamin dan mineral.

Komponen gizi yang meliputi vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Lalu zat gizi apa saja yang diperlukan si kecil? Berikut ulasannya.

Kebutuhan Vitamin dan Mineral Penting Untuk Si Kecil

  1. Kalsium dan Vitamin D

Peran penting kalsium dan vitamin D memang tidak bisa dipisahkan karena saling melengkapi. Kalsium berguna untuk membantu pembentukan tulang dan gigi anak. Nah, vitamin D berperan penting dalam membantu proses penyerapan kalsium tersebut. Pada tahap pemberian ASI, kalsium dan vitamin D masih bisa terpenuhi hanya dengan asupan ASI saja. Namun seiring bertambahnya usia anak maka kebutuhan kalsium meningkat sehingga harus ditunjang dengan makanan seperti Ikan, susu, keju, yoghurt dan telur.

  1. Zat Besi

Peran penting zat besi memang sangat vital sekali bagi tubuh. Bagaimana tidak, zat besi diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah. Disamping itu, zat besi diperlukan anak untuk perkembangan otak yang meliputi perkembangan memori dan motorik. Sumber makanan yang mengandung zat besi diantaranya yaitu brokoli, ayam, alpukat, ikan, daging sapid an beberapa jenis sayuran hijau.

  1. Zinc

Fungsi dari zinc yaitu untuk menunjang perkembangan otak, pembentukan hemoglobin dan meningkatkan imun anak sehingga terhindar dari resiko penyakit. Makanan yang menyediakan zinc yaitu sereal, daging unggas dan susu.

  1. Vitamin (A, B, C, E)

Vitamin memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kinerja sel-sel dalam tubuh dan meningkatkan imun tubuh. Pada tahap tumbuh kembangnya, anak-anak membutuhkan asupan vitamin lebih banyak. Jenis-jenis vitamin tersebut bisa tercukupi melalui asupan makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, susu dan sereal.

  1. Omega-3 atau DHA

Asam lemak omega-3 memegang peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan anak yaitu menunjang pertumbuhan otak, jantung dan kesehatan mata. Selain itu, lemak omega-3 ini bermanfaat untuk menunjang kecerdasan anak dan membantu penyerapan nutrisi lain kedalam tubuh. Makanan yang menyediakan omega-3 yaitu ikan tuna, salmon, buah alpukat dan lain sebagainya. Bahkan kebutuhan omega-3 ini alangkah lebih baiknya jika dicukupi sejak si kecil dalam kandungan.

Related Posts

Share This