Pentingnya Sayur Untuk Anak

Memperkenalkan makanan sehat untuk anak sejak dini merupakan salah satu cara untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Perlu Anda ketahui bahwa makanan merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam proses tumbuh kembang anak.

Untuk menunjang tumbuh kembangnya, anak-anak harus mendapatkan asupan makanan yang mengandung vitamin, mineral, protein, kalsium dan beberapa nutrisi penting lainnya. Makanan yang mengandung omega-3 sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan kecerdasan anak. Salah satu contohnya yaitu ikan tuna dan salmon.

Makanan sehat untuk anak yang harus Anda perkenalkan sejak dini yaitu sayuran. Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral, sayuran juga memiliki kelengkapan nutrisi untuk menunjang proses tumbuh kembang anak sehingga jenis makanan yang satu ini sangat disarankan untuk diperkenalkan pada anak sejak dini dalam tahap MPASI.

Alasan Pentingnya Sayuran Untuk Anak

  1. Sayuran mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi dan beberapa mineral penting lainnya. Manfaat nutrisi tersebut yaitu untuk membantu pembentukan sel baru dan membangun jaringan tubuh.
  2. Kandungan vitamin pada sayur berfungsi sebagai zat antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker, darah tinggi dan penyakit jantung.
  3. Beberapa jenis sayur memiliki kandungan air cukup tinggi sehingga bermanfaat dalam mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa membahayakan anak.
  4. Secara umum, sayuran merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah terjadinya penumpukan lemak jahat. Nah, dengan mengkonsumsi sayur secara teratur maka sangat bermanfaat dalam mencegah kelebihan berat badan anak.

Nah, itulah sebagian besar manfaat sayuran untuk anak. Sayuran bisa diperkenalkan pada anak sejak usia 7 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Pakar kesehatan menganjurkan supaya memperkenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan dengan buah-buahan. Hal ini bertujuan supaya si kecil terbiasa dengan rasa tawar dari sayuran. Sebab jika buah-buahan pertama kali diperkenalkan maka dikhawatirkan si kecil tidak akan menyukai sayuran di kemudian har.

Jenis sayuran yang sebaiknya diperkenalkan pada bayi dalam tahap MPASI yaitu sebagai berikut:

  • Jenis sayuran yang satu ini sebaiknya Anda perkenalkan dalam tahap MPASI. Manfaatnya yaitu untuk membantu pembentukan hemoglobin sehingga mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan anak. Bayam mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, posfor, mangan dan asam folat.
  • Tahukah Anda bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata.
  • Kalsium dan folat pada brokoli berguna untuk menjaga kesehatan tulang serta mengoptimalkan perkembangan si kecil dalam setiap tahapnya.
  • Vitamin C dan likopen pada tomat berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun anak.

Demikian manfaat sayur untuk anak. Perkenalkan jenis makanan tersebut secara perlahan dan bertahap. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517