Pentingnya Menjaga Kesehatan di Kehamilan 16 Minggu

Apa kabar Bunda? Berbicara tentang kehamilan, pada kehamilan 16 minggu pertumbuhan janin semakin cepat dan kini Anda akan merasakan beban yang lebih berat. Bahkan lambung akan terdesak oleh rahim yang semakin hari semakin membesar. Pada minggu ke-16  berat janin kira-kira sekitar 0,1 kg dengan tinggi 12 cm.

Pada tahapan ini perkembangan tulang dan otot janin semakin membaik. Bahkan kini perkembangan janin semakin menunjukan frekuensi gerakan yang jauh lebih tinggi bila dibandingakan dengan minggu sebelumnya.

Gerakan yang paling menarik dari janin usia kehamilan 16 minggu adalah hembusan nafas. Lalu apa yang sebenarnya gihirup oleh janin? Dalam hal ini janin menghirup air ketuban karena ketika berada didalam rahim, air ketuban menjadi oksigen yang akan membentu pertumbuhan sel-sel pada paru-paru.

Tidak hanya perkembangan jaringan otot dan tulang saja. Pada minggu ini berlangsung perkembangan sistem saraf pusat dan otak. Nah, hal inilah yang menjadikan janin didalam kandungan semakin aktif untuk mengeksplorasi air ketuban.

Perkembangan otak juga semakin membaik pada minggu ini sehingga memungkinkan janin untuk bisa bermimpi. Menarik sekali jika kita telusuri lebih mendalam tentang perkembangan janin di usia kehamilan 16 minggu.

Selain kita menilik perkembangan janin pada 16 minggu kehamilan, ibu hamil juga harus mengetahui cara menjaga kesehatan dan asupan nutrisi untuk tubuh. Pemilihan jenis makanan memang sangat penting untuk memberikan nutrisi bagi janin dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Pola makan pada usia kehamilan 16 minggu harus dijaga dengan baik. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan karena beresiko terhadap kelebihan berat badan atau obesitas. Ibu hamil harus mengetahui jenis makanan yang baik untuk kesehatan dan juga tumbuh kembang janin.

Keseimbangan berat badan pada usia kehamilan 16 minggu harus menjadi fokus penting. Hal ini karena jika Anda kelebihan berat badan maka beresiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang pada akhirnya menghambat tumbuh kembang janin.

Banyak anggapan yang seringkali salah di kalangan masyarakat yaitu pada saat hamil harus mencukupi kebutuhan makan untuk 2 orang. Terkadang sebagian ibu hamil mengkonsumsi makanan lebih banyak sehingga tanpa disadari menimbulkan kelebihan berat badan.

Dalam hal ini sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah komposisi nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsi, bukan porsi makan yang harus banyak. Porsi makan yang berlebihan justru akan memicu masalah pada kehamilan. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa ibu hamil myang kelebihan berat badan beresiko menyebabkan bayi terkena penyakit berbahaya seperti diabetes.

Yang perlu diingat pada usia kehamilan 16 minggu adalah kebutuhan protein sebanyak 60gram per harinya. Protein bisa diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan atau biji-bijian serta telur. Selain itu, perbanyak juga konsumsi buah dan sayur.

Penuhi asupan kalsium untuk mengoptimalkan pembentukan tulang janin. Kalsium juga berperan penting dalam menjaga tulang ibu hamil sehingga terhindar dari resiko keropos tulang. Jenis makanan yang menyediakan kalsium diantaranya yaitu yoghurt, susu ataupun keju.

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari yaitu makanan yang mengandung kadar garam tinggi dan juga makanan berlemak. Selain itu, makanan manis dengan kadar gula tinggi dan mengandung alkohol sebaiknya dihindari pada usia kehamilan 16 minggu karena beresiko terhadap kesehatan ibu hamil dan juga janin didalam kandungan.

Demikian seputar kehamilan 16 minggu yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517