Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Berat badan merupakan salah satu hal yang perlu mendapat perhatian selama menjalani kehamilan. Hal ini karena berat badan ibu hamil akan berpengaruh terhadap kesehatan dan juga perkembangan janin di dalam kandungan. Menjaga berat badan ideal ibu hamil sangat berguna untuk menghindarkan janin dari resiko dalam tahap perkembangannya.

Untuk mendapatkan berat badan ibu hamil yang ideal maka harus ditunjang dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin melakukan olahraga khusus ibu hamil. Disamping itu, perhatikan asupan makanan yang bisa memicu kenaikan berat badan berlebih. Pola makan ideal akan memungkinkan Anda mendapatkan berat badan yang ideal pula.

Mengelola kebiasaan dan pola makan selama hamil menjadi salah satu solusi dalam mendapatkan berat badan ideal selama hamil. Biasanya ibu hamil mengalami peningkatan berat badan secara signifikan pada tahap awal kehamilan. Namun kondisi tersebut tidak dialami oleh semua ibu hamil karena justru sebagian ibu hamil mengalami penurunan berat badan akibat gejala mual dan muntah sehingga asupan nutrisi kurang.

Dalam trimester pertama penting untuk menjaga berat badan ideal supaya tidak terjadi penurunan secara signifikan. Cara paling ideal untuk menjaga nafsu makan di trimester pertama yaitu dengan menerapkan kebiasaan/metode makan sering dengan porsi kecil.

Memasuki usia kehamilan trimester kedua dan ketiga biasanya terjadi kenaikan berat badan secara signifikan. Hal ini karena kondisi hormonal dan proses metabolisme kembali berlangsung normal sehingga nafsu makan ibu hamil kembali meningkat. Dalam hal ini pemantauan berat mbadan perlu dilakukan dengan cukup serius.

Kenaikan berat badan selama kehamilan dikatakan normal jika berkisar antara angka 12 – 15 kilogram. Pada usia kehamilan trimester kedua, janin di dalam kandungan akan mengalami kenaikan berat badan sekita 10 gram setiap harinya. Berat ideal jnin pada minggu ke-24 yaitu sekitar 680 gram dan memasuki usia 27 minggu yaitu sekitar 900 gram.

Dalam memantau berat badan ideal pada ibu hamil sebaiknya dilakukan sejak tahap awal kehamilan. Bahkan untuk lebih baiknya dilakukan ketika dalam tahap perencanaan. Berat badan ideal ibu hamil yaitu sekitar 45 – 65 kilogram. Kekurangan atau kelebihan berat badan akan berdampak terhadap janin di dalam kandungan.

Berat badan yang berlebih bisa menimbulkan resiko berbahaya bagi janin dan kesehatan ibu hamil sendiri. Ada beberapa resiko yang bisa diakibatkan oleh berat badan berlebih pada ibu hamil seperti penyakit diabetes, hipertensi dan gangguan lainnya.

Kenaikan berat badan pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga diakibatkan oleh nafsu makan yang tidak terkontrol dan perubahan hormone yang semakin membaik. Maka dari itu dalam hal ini penting sekali bagi Anda untuk menjaga pola makan selama tahap kehamilan sehingga mendapatkan berat badan ideal dan kehamilan yang sehat.

Related Posts

Share This