Pentingnya Melakukan Stimulasi Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Stimulasi merupakan suatu kegiatan untuk merangsang kemampuan dasar anak dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Stimulasi bisa dilakukan oleh siapa saja karena tidak memerlukan teknik khusus untuk menjalankannya. Stimulasi yang dilakukan dengan cara yang tepat sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak pada usia emas pertumbuhannya.

Stimulasi tumbuh kembang anak harus dilakukan secara rutin bahkan Anda harus mengetahui cara berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan. Menurut ahli kesehatan menuturkan bahwa anak-anak yang tidak mendapatkan stimulasi sangat rentan mengalami penyimpangan dalam proses tumbuh kembangnya. Bahkan pada kondisi lain bisa mengakibatkan gangguan yang bersifat menetap.

Beberapa aspek dalam tahap tumbuh kembang balita yang bisa di stimulasi yaitu kemampuan motorik halus, kasar, kemampuan bahasa dan sosialisasi. Empat aspek yang perlu diperhatikan dengan seksama yaitu sebagai berikut:

  1. Motorik halus

Motorik halus berkaitan erat dengan pergerakan otot-otot kecil, namun memerlukan koordinasi yang cermat seperti menulis, mengamati sesuatu dan lain sebagainya.

  1. Motorik kasar

Motorik halus berkaitan erat dengan kemampuan anak dalam melakukan pergerakan yang berkaitan erat dengan otot-otot besar seperti kemampuan berdiri, duduk dan pergerakan lainnya.

  1. Sosialisasi dan kemandirian

Hal ini berkaitan dengan aspek kemandirian anak dalam belajar merapikan barang-barang mainannya dan berinteraksi dengab lingkungan sosialnya.

  1. Kemampuan bahasa dan bicara

Aspek ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam memberikan respon terhadap suara, berkomunikasi dan berbicara.

Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan stimulasi untuk menunjang tumbuh kembang anak, diantaranya yaitu:

  • Tunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak-anak senantiasa memiliki sifat alamiah dalam meniru apa yang dilihatnya.
  • Stimulasi harus dilandasi dengan perasaan kasih sayang.
  • Sesuaikan stimulasi dengan tahapan usia anak.
  • Lakukan stimulasi secara bertahap sesuai dengan usia anak.
  • Lakukan stmulasi dengan cara yang bervariasi seperti menyanyi, bermain ataupun kegiatam lain yang menyenangkan.
  • Gunakan alat bantu yang aman untuk menstimulasi anak.
Baca Juga:  6 Tips Jitu Memilih Baju Anak

Stimulasi untuk menunjang tumbuh kembang anak sangat dianjurkan sejak di dalam kandungan untuk mengoptimalkan perkembangan sistem sarafnya. Pada waktu di di dalam kandungan, Anda bisa memberikan stimulasi dengan cara memperdengarkan musik klasik, mengajaknya berbicara ataupun diperdengarkan lantunan ayat suci.  Selain itu, Anda juga bisa memberikan stimulasi dengan cara mengelus-ngelus perut Anda.

Sentuhan lembut dari seorang ibu sangat berguna untuk memberikan kenyamanan pada bayi sehingga merangsang hormone pertumbuhan dengan baik. Pada waktu bayi, Anda bisa memberikan stimulasi dengan kontak fisik yaitu dengan melakukan pemijatan khusus bayi. Menurut pakar kesetahan menuturkan bahwa pijatan lembut sangat berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan anak.  Hal ini karena secara tidak langsung pijatan yang dilakukan dengan cara yang benar akan membantu mengoptimalkan sirkulasi darah sehingga memungkinkan penyerapan nutrisi menjadi lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517