Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Gizi untuk ibu hamil. Dalam menjalani proses kehamilan, Anda tidak hanya dituntut untuk mempersiapkan mental saja, akan tetapi harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil akan meningkat dua kali lipat dari biasanya karena adanya janin di dalam kandungan.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu asam folat. Guna asam folat sendiri yaitu untuk membantu perkembangan otak bayi dan mencegah bayi terlahir cacat. Namun dalam hal ini seringkali ibu hamil tidak menyadari akan kebutuhan asam folat selama hamil sehingga kebutuhan jtersebut tidak tercukupi.

Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil yaitu sekitar 600 mcg. Sedangkan kebutuhan asam folat untuk ibu menyusui yaitu 500 mcg. Nah, dalam mencukupi semua kebutuhan asam folat tersebut ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Sayuran Yang Mengandung Asam Folat

  • Asam folat yang terkandung di dalam asaparagus yaitu sekitar 262 mcg. Selain itu asaparagus juga mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin K.
  • Jenis sayuran yang satu ini tinggi akan kandungan asam folat yaitu dalam secangkir bayam terdapat 263 mcg.
  • Termasuk salah satu jenis sayuran dengan kualitas asam folat sedang yaitu 30 mcg. Kentang sebaiknya diolah dengan cara direbus dan jangan direbus.
  • Dalam satu cangkir jagung mengandung asam folat sekitar 76 mcg. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan cukup tinggi.

Buah-buahan Yang Mengandung Asam Folat

  • Buah yang satu ini memliliki kandungan asam folat cukup tinggi yaitu sebesar 115 mcg. Manfaat lain buah pepaya yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan selama menjalani masa kehamilan.
  • Asam folat buah alpukat yaitu 90 mcg atau hampir setara dengan kebutuhan asam folat harian.
  • Dalam secangkir buah stroberi terdapat sekitar 25 mcg asam folat. Disamping itu, buah stroberi kaya akan kandungan antioksidan.
  • Vitamin C pada buah jeruk sangat tinggi dan dalam sebutir buah jeruik mengandung asam folat sebanyak 50 mcg.
  • Takaran secangkir buah raspberi mengandung 14 mcg asam folat. Walaupun kandungannya rendah, akan tetapi sangat berguna jika dikonsumsin secara teratur oleh ibu hamil.

Jenis Makanan Lain Sumber Folat

  1. Hati sapi. Kebutuhan asam folat akan terpenuhi sebanyak 70% dengan mengkonsumsi 100 gram hati sapi. Namun ketika hamil sebaiknya membatasi konsumsi hati sapi karena bisa berdampak terhadap kesehatan kehamilan.
  2. Roti dan sereal. Pilihlah roti dan sereal gandum karena mengandung asam folat cukup tinggi.
  3. Biji bunga matahari. Dalam satu perempat cangkir biji bunga matahari terdapat sekitar 82% asam folat.

Nah, demikian beberapa jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat!

Related Posts

Share This