Pentingkah Menggunakan Penyangga Perut Hamil?

Dalam menjalani kehamilan seringkali dihadapkan dengan berbagai macam keluhan baik itu yang bersifat fisik ataupun psikis. Kondisi tersebut seringkali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi dan menyiasati hal tersebut. Nah, terkait dengan hal tersebut, ada salah satu alat yang bisa digunakan oleh ibu hamil untuk mendapatkan kenyamanan seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun, apakah penting penggunaan alat penyangga perut hamil?

Penggunaan alat penyangga perut pada waktu hamil (maternity belt) nampaknya memunculkan opini yang beragam dikalangan masyarakat. Tidak semua orang bisa menerima adanya alat untuk penyangga perut tersebut. Untuk mengetahui seberapa penting penggunaan alat tersebut, pada kesempatan ini penulis akan memberikan ulasan seputar manfaat dari penggunaan alat tersebut.

Menelisik penting atau tidaknya alat penyangga perut pada waktu hamil tentunta didasarkan pada kondisi kehamilan yang sedang dijalani. Alat tersebut memang dirasa sangat penting jika kondisi kehamilan atau rahim lemah. Akan tetapi dalam praktik penggunaanya harus dengan cara yang benar sehingga tidak akan menyebabkan sesak yang justru membahayakan kehamilan.

Berikut Jenis Alat Penyangga Perut Sesuai Dengan Usia Kehamilan

  1. Maternity Belt

Jenis alat penyangga perut yang satu ini hampir mirip dengan ikat pinggang dan memiliki bantalan pada bagian depan. Selain itu, alat ini menggunakan bahan yang elastis yang bisa menyesuaikan dengan ukuran perut yang terus membesar.

  1. Belly Belt

Belly belt merupakan salah satu alat penyangga perut yang cocok digunakan pada tahap awal kehamilan. Hal ini karena alat yang satu ini merupakan perpanjangan dari lingkar pinggang pada celana panjang. Alat ini umumnya digunakan untuk membuka bagian resleting sehingga ada p[engait di bagian kiri dan kanan yang memungkinkan untuk membuka celana panjang.

  1. Maternity Girdle/Prenatal Cradle

Alat yang satu ini digunakan sebagai celana yang bisa dipakai ketika memasuki usia kehamilan tahap kedua atau ketiga.

  1. Support Harness

Alat ini lebih banyak diminati oleh ibu hamil sebab berguna untuk menyangga panggul dan pinggul secara bersamaan. Alat yang satu ini dinilai lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

Penyangga perut saat hamil memang bukan sebuah peralatn yang wajib untuk digunakan. Akan tetapi alat yang satu ini sangat diperlukan jika Anda mengalami beberapa kondisi kehamilan yang dijelaskan berikut ini:

  • Penggunaan alat penyangga perut sangat berguna untuk kehamilan kembar. Alat ini sangat berguna untuk menyangga perut ketika memasuki kehamilan tahap akhir. Manfaatnya untuk menyangga area panggul dan punggung yang terbebani oleh kondisi perut yang membesar.
  • Keluhan nyeri punggung seringkali menghambat aktivitas pada waktu hamil. Nah, alat penyangga perut ini cocok digunakan untuk mengatasi keluhan tersebut.
  • Untuk menjaga kehamilan pada trimester kedua dan ketiga. Bagi Anda yang aktif beraktivitas maka penggunaan alat ini dirasa cukup penting untuk melindungi kehamilan Anda dari bahaya yang mungkin terjadi.

Pada dasarnya penggunaan alat penyangga perut saat hamil tidak diwajibkan. Dalam hal ini disesuaikan dengan kondisi kehamilan yang sedang Anda jalani. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This