Pentingkah Makan Sebelum Olahraga?

Menerapkan pola hidup sehat adalah salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh sehingga terhindar dari resiko penyakit berbahaya. Pada dasarnya menerapkan pola hidup sehat sangatlah mudah yaitu dengan memperhatikan asupan makanan bergizi dan rutin melakukan aktivitas berolahraga. Kegiatan berolahraga menajdi aspek penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal ini juga berkaitan dengan peningkatan imunitas tubuh. Nah, dalam hal ini seringkali muncul pertanyaan “pentingkah makan sebelum olahraga?”

Olahraga memiliki manfaat dan kegunaan untuk membantu proses metabolisme tubuh sehingga terhindar dari penumpukan lemak yang bisa memicu berbagai macam penyakit seperti jantung, obesitas dan jenis penyakit berbahaya lainnya. Dalam melakukan aktivitas ini diperlukan asupan nutrisi yang seimbang sehingga seluruh organ tubuh akan berfungsi dengan baik.

Pada waktu melakukan olahraga, seluruh bagian tubuh membutuhkan energi. Terlebih lagi jika aktivitas olahraga yang Anda jalani terbilang cukup berat. Nah, untuk mencukupi kebutuhan energi tersebut maka diperlukan asupan nutrisi. Sebelum Anda berolahraga sebaiknya makan terlebih dahulu sehingga tubuh Anda lebih siap dan bersemangat untuk melakukan setiap gerakan olahraga.

Pada dasarnya tubuh kita memiliki cadangan energi yang disebut dengan glikogen. Ketika dibutuhkan maka glikogen akan dicerna oleh tubuh menjadi sebuah energi. Kalaupun tidak makan sebelum berolahraga, Anda masih memiliki energi hanya saja mungkin tidak akan bertahan lebih lama seperti halnya makan terlebih dahulu.

Makan terlebih dahulu sebelum olahraga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan energi tambahan sehingga Anda mampu melakukan setiap gerakan olahraga dengan baik. Namun dalam hal ini Anda harus selektif karena tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi sebelum berolahraga. Pilihlah jenis makanan yang tinggi protein dan rendah lemak. Kemudian usahakan makan 2 atau 3 jam sebelum Anda berolahraga.

Hindari langsung berolahraga setelah makan karena bisa memicu gangguan pada pencernaan Anda. Pada intinya Anda harus memberikan jeda antara makan dan berolahraga. Jika dipaksakan langsung berolahraga setelah makan maka perut Anda akan terasa sakit. Rasa nyeri tersebut dipicu karena di dalam lambung sedang terjadi proses mencerna makanan.

Selesai olahraga, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Cara ini sebagai upaya untuk mengganti glikogen yang hilang ketika berolahraga. Glikogen adalah energi yang mengisi otot. Ketika berolahraga, glikogen akan digunakan untuk menghasilkan energi sehingga seusai berolahraga perlu diganti dan diisi kembali.

Makan setelah berolahraga merupakan salah satu upaya pemulihan energi tubuh Anda. Penuhi kebutuhan karbohidrat dan protein untuk kembali membangun dan memperkuat otot-otot tubuh Anda. Perlu Anda ketahui bahwa periode satu jam setelah olahraga adalah waktu yang paling tepat dalam pembentukan otot-otot.

Walaupun karbohidrat perlu dikonsumsi setelah berolahraga, namun sebaiknya Anda menghindari fruktosa. Hal ini karena bisa menghambat dan memperlambat proses pembakaran lemak. Oleh karena itu, hindari konsumsi sirup dan jus buah setelah berolahraga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517